Headline News

header-int

Rabab Pasisie Hibur Warga IKPS Sijunjung Dirumah Pribadi Bupati

Selasa, 25 Jun 2019, 08:12:58 WIB - 35 | Okis Mardiansyah
Rabab Pasisie Hibur Warga IKPS Sijunjung Dirumah Pribadi Bupati

Pesisir Selatan - Acara halal bihalal Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Kabupaten Sijunjung, yang dihelat dikediaman pribadi Bupati, dimeriahkan dengan penampilan kesenian tradisional Rabab Pasisie yang dimainkan oleh Pirin Asmara (yunior) dan Mirus, Minggu(23/06).

Ketua IKPS Sijunjung N.Rialdi menyebutkan, kesenian tradisional Rabab Pasisie sengaja ditampilkan untuk membangkitkan suasana kebatinan warga Pesisir Selatan yang saat itu tengah berada di Kabupaten Sijunjung.

"Ya, sengaja kami gelar Rabab Pasisie ini dengan harapan agar semua perantau yang ada disini serasa berada di kampung halaman sendiri," katanya.

Ia mengatakan, Rabab Pasisie sebagai kesenian tradisional Pesisir Selatan, sangat perlu dilestarikan sehingga tidak lapuk di makan zaman. Menurut dia, dalam kesenian rabab terdapat komposisi tersendiri tergantung pada lagu yang diinginkan oleh tukang gesek yang bersifat kaba sebagai materi pokok.

"Jadi, kaba yang lahir tesebut merupakan ide atau gagasan dari si tukang rabab, hal ini dibuat dalam bentuk lagu untuk melestarikan kembali nilai-nilai adat dan budaya kita. Acara ini akan kami gelar hingga malam nanti," ujarnya.

Sementara itu, Pirin Asmara dan Mirus selaku pemain Rabab Pasisie, asal Pesisir Selatan mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah dipercaya menghibur warga IKPS lewat gesekan biolanya.

"Alhamdulillah, terimakasih banyak bapak, ibu saudara semua. Sebelumnya kami memang berguru pada almarhum pemain legendaris Rabab Pasisie yaitu Pirin Asmara, kebetulan orang tua saya memberikan nama yang sama pula dengan beliau," katanya tersenyum. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube