Headline News

header-int

Satria Wibawa : Jalani Isolasi Mandiri Dirumah Sampai Hasil Rapid Test Keluar

Rabu, 14 Oktober 2020, 13:06:53 WIB - 53 | Kontributor : Wempi Hardi. SH
Satria Wibawa : Jalani Isolasi Mandiri Dirumah Sampai Hasil Rapid Test Keluar

Pesisir Selatan --- Meningkatnya kasus Covid 19 di Pesisir Selatan, masyarakat diimbau untuk segera mendatangi rumah sakit terdekat jika mengalami gejala-gejala mirip Covid 19 agar tak menularkan virus corona ke orang terdekat atau keluarga tercinta.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan Satria Wibawa menjelaskan, gejala yang dialami tubuh itu seperti sesak nafas, hilangnya indera perasa dan penciuman serta batuk, masyarakat harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat atau fasilitas kesehatan (puskesmas) setempat guna memastikan kondisi tubuhnya tersebut.

Pihak rumah sakit akan melakukan rapid test jika gejala itu cenderung mengarah ke Covid-19. Namun dirinya mengingatkan selama hasil rapid test itu belum keluar diminta tidak keluar rumah.

“ Jadi, selama hasilnya belum keluar masyarakat menjalankan isolasi mandiri di rumah agar tidak menularkan ke orang lain," ujar satria, saat di hubungi wartawan, Rabu, (14/10).

Ia menambahkan, saat menjalankan isolasi mandiri, mengingatkan agar mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.    

Dilanjutkan, setelah hasil keluar, petugas puskesmas setempat akan melakukan penjemputan kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid 19 dan melaporkan kasus tersebut ke Puskesmas setempat.

" Berikan pengabdian yang terbaik tanpa merasa lelah dan selalu perhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pesisir Selatan mengabarkan, pada hari Selasa kemarin, (13/10), total pasien terkonfirmasi positif covid 19 sebanyak 331 (tiga ratus tiga puluh satu) orang. Ke-331 pasien positif tersebut, Sembuh 163 (Seratus enam puluh tiga) orang. Meninggal 10 (sepuluh) orang. Dirawat Isolasi 158 (seratus lima puluh delapan) orang.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube