Headline News

header-int

Sekda Erizon: Benahi Berbagai Sarana, Pessel Targetkan Tiga Juta Kunjungan Wisata Tahun 2019

Rabu, 11 Sep 2019, 10:32:27 WIB - 9 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Sekda Erizon: Benahi Berbagai Sarana, Pessel Targetkan Tiga Juta Kunjungan Wisata Tahun 2019

Pesisir Selatan --Potensi wisata yang cukup besar dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), diyakini bisa dijadikan sebagai andalan ekonomi serta juga pemasukan bagi daerah dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Agar harapan itu benar-benar tercapai, sehingga di tahun 2019 ini daerah tersebut mentargetkan tiga juta kunjungan.

Hal itu disampaikan sekretaris daerah kabupaten (Setdakab) Pessel, Erizon, Rabu (11/9).

Dikatakanya bahwa target itu seiring dengan visi misi daerah yang mencita-citakan wisata bahari sebagai destinasi utama di Sumatera Barat (Sumbar).

"Potensi besar itu memang disokong oleh keunggulan yang dimiliki oleh Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, sebagai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu," ungkapnya.

Dijelaskanya bahwa dalam revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, daerah itu mentargetkan angka kunjungan wisatawan lokal sebanyak 2,8 juta orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 185 ribu orang pula.

Asumsi itu lebih tinggi dari sebelumnya yang hanya 2,6 juta orang wisatawan lokal, dan 180 ribu mancanegara.

Dia menjelaskan bahwa untuk mewujudkan target itu, Pemkab Pessel telah melakukan berbagai langkah strategis. Salah satu strategi itu adalah mengembangkan semua destinasi yang ada.

Upaya itu dilakukan melalui meningkatkan sarana dan prasarana, baik jalan, jembatan, rest area dan lain sebagainya.

"Namun yang juga tidak ketinggalan adalah melakukan pemasaran melalui berbagai iven, serta juga melalui berbagai promosi, baik dalam maupun luar negeri, agar terget 3 juta kunjungan sebagai mana dipasang itu benar-benar bisa tercapai," ujarnya.  

Lebih jauh dijelaskan bahwa daerah itu juga telah melakukan pembinaan pada kelompok-kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada sejak beberapa tahun terakhir.

"Ini dilakukan, karena pariwisata memang bisa dijadikan sebagai andalan bagi Pessel dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa datang," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube