Headline News

header-int

Semangat Budaya Bahari Mulai Pudar

, 17 Desember 2010, 09:14:00 WIB - 787 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Desember----

Belakangan semagat budaya bahari yang diwariskan nenek moyang sudah mulai memudar, padahal bahari adalah wilayah Indonesia yang perlu dikembangkan menjadi kekuatan bangsa dan dapat dijadikan sebagai jati diri bangsa Indonesia.

Hal ini disampaikan Bupati Pessel, Nasrul Abit selaku inspektur upacara pada momentum Peringatan Hari Nusantara ke-11 saat membacakan sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Ketua Nasional pada peringatan hari Nusantara yang ke-11 di halaman kantor bupati, Jum'at (17/12).

Peringatan Hari Nusantara yang jatuh pada 13 Desember yang puncaknya dilaksanakan di kota balik papan Provinsi Kalimatantan Timur mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih memahami akan kehidupan masyarakat Pesisir dan masyarakat di pulau-pulau terdepan diwilayah perbatasan maritim Indonesia.

"Umumnya mereka hidup di bawah garis kemiskinan, perlu sentuhan pembangunan yang nyata dalam lingkup kehidupan mereka terdapat pula budaya bahari yang merupakan jati diri bangsa Indonesia yang dikenal sebagai Indonesia pelaut," tuturnya.

Dengan mengambil tema Hari Nusantara membangkitkan budaya bahari, ini menyadarkan anak bangsa bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut, cinta laut dan pemberani menghadapi gelombang laut yang sangat dahsyat.

Indonesia merupakan negara kepulauan dan bangsa bahari dan suatu bentuk penghormatan atas keberanian dan kegagahan bangsa Indonesia pada 13 Desember 1957 mendeklarasi laut pedalaman sebagai kesatuan wilayah NKRI.

"Ini adalah karya besar dan fenomenal dimana Indonesia dengan keberaniannya secara sepihak menyatakan kepada dunia bahwa batas perairan laut teritorial indonesia adalah 12 MIL laut," jelasnya.

Deklarasi ini merupakan konsistensi perlawanan terhadap warisan kolonialisme dan imperialisme yang secara laten meringkihkan kedaulatan Indonesia. Akhir tahun 1982 di dalam konvensi hukum laut internatioal, Indonesia diakui sebagai negara kepulauan terbesar didunia.

Sebagai negara kepulauan, maka perairan laut terletak di antara beribu-ribu pulau di Indonesia dinyatakan sebagai laut nusantara (Mare Nostrum) merupakan wilayah kedaulatan mutlak negara kesatuan RI.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube