Headline News

header-int

Semua Perangkat Daerah Diminta Agar Memulai Kegiatan Dari Awal Tahun

Selasa, 05 Januari 2021, 08:20:02 WIB - 395 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan--Memasuki tahun 2021 ini, semua kegiatan pembangunan yang telah direncanakan dan ditetapkan menjadi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), agar diselenggarakan tepat waktu.

Deri itu kepada semua perangkat daerah diminta untuk memulai semua kegiatanya dari awal tahun, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati (Wabup) Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar, Selasa (5/1) dengan tujuan agar semua pekerjaan, terutama pembangunan dalam bentuk fisik tidak terjadi keterlambatan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

"Agar tidak ditemui kegiatan yang terlambat pengerjaannya pada tahun 2021 ini, maka kepada semua perangkat daerah diminta agar bisa segera mengusulkan kegiatanya untuk ditender oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) dari awal tahun," katanya.

Sedangkan kepada para kepala dinas (Kadis) Kepala Badan (Kaban) dan lainya, diminta pula agar lebih memahami berbagai aturan yang menyangkut administrasi tata kelola keuangan, agar semua kegiatan yang dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sebab bila itu diabaikan, maka harapan untuk bisa memacu berbagai kegiatan bisa dimulai dari awal tahun, akan sulit tercapai," ingatnya.

Dia menambahkan bahwa penetapan RAPBD menjadi APBD di daerah itu telah melalui tahapan dan pembahasan yang cukup panjang.

Karena melalui mekanisme yang cukup panjang, sehingga dia berharap agar pelaksanaan pembangunan yang telah ditetapkan ke dalam APBD tahun 2021 ini, bisa terlaksana lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.  

"Makanya saya berharap kepada semua perangkat daerah supaya merealisasikan anggaran dengan cepat, tepat dan efisien. Tentunya sesuai aturan dan ketentuan berlaku," tegasnya.

Dia juga meminta kepada seluruh elemen yang ada di masyarakat juga turut melakukan pengawasan.

"Tujuannya agar pelaksanaan pembangunan benar-benar tepat sasaran, dan memberikan manfaat kepada masyarakat banyak," harapnya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa APBD Pessel tahun 2021 sebesar Rp 1.745.276.094.605,33. Jumlah itu lebih rendah atau turun dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,8 triliun.

"Agar anggaran yang sebesar Rp 1,7 triliun itu tepat sasaran, maka perlu saya tegaskan agar seluruh perangkat daerah dapat melaksanakan semua kegiatan secara efektif, efisien dan akuntabel yang tentunya dimulai dari awal tahun sebagaimana saya jelaskan tadi," ingatnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube