Headline News

header-int

SMK Teknologj Lengayang, Bekali Siswa dengan Ilmu Pengetahua dan Imtaq

Selasa, 21 Juni 2022, 10:30:18 WIB - 298 | Kontributor : Yoni Syafrizal
SMK Teknologj Lengayang, Bekali Siswa dengan Ilmu Pengetahua  dan Imtaq

Pesisir Selatan -- Terampil dan mumpuni secara akademis saja tidak cukup. Pengetahuan, iman dan ketaqwaan (Imtaq) sebagai tujuan utama pendidikan sangat penting, tidak boleh dikesampingkan di dalam pendidikan siswa.

Hal ini juga menjadi komitmen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) untuk meningkatan mutu pendidikan dan kualitas sekolah supaya tetap bisa kompetitif. 

Hal itu diungkpkan Kepala SMK Teknologi Lengayang, Rio Susanto, saat di temui si sekolahnya, Selasa (21/6) di Lengayang.

"Upaya itu dilakukan guna mewujudkan peserta didik yang cerdas, punya kesadaran secara spritual (Imtaq) dan kepekaan sosial,"ujarnya.

Rio Susanto, lebih lanjut mengungkapkan, dalam mewujudkan tujuan pendidika nasional , SMK Teknologi Lengayang juga memiliki visi dan misi, yaitu membekali siswanya dengan nilai-nilai spritual agar bisa membentengi dirinya dari pergaulan bebas dan berbagai kenakalan remaja sekarang.

Menurutnyq, pihaknya mesti melakukan hal itu sebagai antisifasi dan membetengi siswa dari kenakalan tentu saja untuk menghasilkan mutu sekolah dan kualitas pendidikan yang dilaksanakan di sekolah.

"Kita menjadikan Imtaq sebagai salah satu kurikulum muatan lokal," ucapnya. Dan, proram lokal itu dipilih bukn tanpa alasan. Sebab, menurutnya, sains atau Iptek tanpa agama adalah lumpuh. Dan, agama tanpa sains adalah buta.

Sebab, berat tantangan dan pengaruh kenakalan remaja, maka mereka perlu dibekali sesuai dengan visi misi yang dimiliki sekolah," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa pada bulan suci Ramadhan 1443 H tahun 2022 yang sudah berlalu, sekolah itu juga ikut menurunkan tim safari ramadhan.

"Tim safari ramadhan yang berasal dari siswa SMK Teknologi Lengayang sebanyak 10 orang per tim itu, mengunjungi 7 buah masjid. Selain menyampaikan ceramah agama dan sosialisasi sekolah, para siswa yang tergabung dalam tim safari ramadhan ini juga mnyalurkan bantuan Al Quran dan tafsirnya," jelas Rio lagi.

Sekolah itu bisa menurunkan tim safari ramadhan, karena para siswanya juga dibekali dengan pengetahuan keagamaan melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler melalui guru bidang studi agama Islam, Rahman Darmawan.

Dia menambahkan bahwa beberapa kegiatan unggulan bidang keagamaan yang selalu diterapkan di sekolah itu diantaranya, shalat berjamaah setiap waktu dzuhur, kuliah tujuh menit (kultum) setiap Jumat pagi, lomba pidato/ceramah agama, lomba adzan, lomba shalat jenazah, serta kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).

"Khusus setiap bulan suci ramadhan, selain melakukan kunjungan safari ramadhan, sekolah ini juga melakukan kegiatan pesantren ramadhan. Pesantren ramadhan ini dilakukan selama 14 hari. Agar pendalaman ilmu agama lebih maksimal, maka kita juga mendatangkan tenaga pengajar dengan berbagai disiplin ilmu," ujarnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Mairida Triwati, menambahkan bahwa sekolah yang memiliki 483 orang siswa tersebut, tahun 2022 ini juga mendapatkan kesempatan untuk mengikutkan 2 orang siswanya sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di tingkat kabupaten.

"Ini merupakan salah satu kebanggan pula bagi kami di sekolah ini, sebab sudah tiga tahun berturut-turut siswa dari sekolah ini terpilih sebagai anggota Paskibraka di tingkat kabupaten. Dua orang siswa yang terpilih melalui seleksi yang ketat itu diantaranya, Ahmad Alfatah, dan Nabila Alaysia, siswa kelas X," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa sebelumnya ada sebanyak 7 orang siswa dari sekolah itu yang mengikuti seleksi di SMA Negeri 1 Sutera, Kecamatan Sutera.

"Dari tujuh orang yang diutus untuk mengikuti seleksi itu, 4 orang dikirim ke kabupaten untuk melakukan seleksi berikutnya. Alhamdulillah 2 orang akhirnya lulus di tingkat kabupaten. Ini tentu menjadi sebuah kebanggan. Sebab tidak semua sekolah bisa mengutus siswanya untuk bisa maju di tingkat kabupaten, apalagi provinsi dan pusat. Harapan saya ini menjadi langkah awal dalam menyemangati siswa untuk bisa melaju ke tingkat yang lebih tinggi lagi di masa datang," harapnya.  

Wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, Septia Meza, menambahkan bahwa sekolah yang memiliki 31 orang tenaga pengajar itu, sekarang sudah dijadikan sebagai pilihan oleh orang tau untuk melanjutkan pendidikan anaknya di tingkat menengah atas.

"Saya katakan demikian, sebab sekolah yang memiliki empat jurusan ini telah memiliki 483 orang siswa, yang terdiri dari kelas X sebanyak 177 orang siswa, kelas XI 166 siswa, dan kelas XI yang sudah lulus sebanyak 139 orang pula," ucapnya.

"Mereka yang berjumlah sebanyak 483 orang itu terbagi pada empat jurusan kejuruan yang tang terdiri dari Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Industri Tenaga Listrik (TITL), dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif/Mobil (TKRO).

"Penguasaan sains, ilmu agama, prestasi akademik, dan kegiatan bidang kesiswaan, perlu dilakukan secara berimbang. Karena bila tidak seimbang,  pembangunan yang komprehensif, holistik, dan berkelanjutan akan jauh dari harapan. Beranjak dari harapan itulah, sehingga pendidikan agama di sekolah ini juga dimasukkan ke dalam kurikulum muatan lokal," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan secara dini bagi anak didik, akan menjadi penentu pembentukan karakter mereka di masa datang.

"Masa remaja merupakan masa keemasan bagi mereka. Makanya sebagai tenaga pendidik kita harus mampu membaca kondisi tersebut, agar mereka tidak lepas kontrol, terutama sekali disaat mereka berada di luar lingkungan sekolah," timpalnya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube