Headline News

header-int

Wabup Rusma Yul Anwar: Walinagari Harus Menjalin Komunikasi Baik Dengan Bamus

Rabu, 12 Jun 2019, 09:43:38 WIB - 81 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Wabup Rusma Yul Anwar: Walinagari Harus Menjalin Komunikasi Baik Dengan Bamus

Pesisir Selatan--Sebagai perpanjangan tangan bupati di tingkat pemerintahan terendah, wali nagari diminta agar selalu menjalin komunikasi yang yang baik dengan Badan Musyawarah (Bamus), perangkat nagari dan semua unsur yang ada.

Hal itu diingatkan agar semua program yang direncanakan baik oleh pemerintah daerah (Pemda), maupun oleh pemerintah nagari (Pemnag) itu sendiri bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan masyarakat, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Ketegasan itu disampaikan Wakil Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Rabu (12/6) terkait upaya daerah itu dalam melakukan percepatan pembangunan secara merata disemua bidang.

"Saya meminta setiap program yang berorientasi pada kepentingan masyarakat agar benar-benar dimusyawarahkan terlebih dahulu. Sebab bila itu terabaikan, bisa berpengaruh terhadap percepatan dan pemerataan pembangunan pada 182 nagari yang ada. Sebab diantara jumlah itu, masih ada nagari yang sulit dijangkau di daerah ini," katanya.

Dia menambahkan agar program yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, hendaknya dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan Bamus.

"Itu sebuah langkah positif agar program yang sudah direncanakan bisa berjalan, serta juga mendapat dukungan dari berbagai unsur yang ada di nagari," ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa walinagari dituntut mampu mengembangkan potensi nagari dengan baik. Lalu, walinagari harus bisa merencanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga manfaat yang dirasakan menjadi lebih maksimal untuk kesejahteraan bersama.

Setiap nagari memiliki potensi yang berbeda. Makanya, walinagari harus bisa mengolah potensi itu dengan baik untuk kesejahteraan masyarakatnya.

"Jabatan wali nagari adalah amanah. Untuk itu, laksanakan amanah itu dengan baik dan penuh tanggungjawab. Kemudian, jangan manfaatkan potensi yang dimiliki untuk kepentingan pribadi. Kedepan, jadikanlah nagari berprestasi dalam berbagai hal," harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMNP2Kb) Pessel, Hamdi juga mengingatkan agar wali nagari dalam melakukan pengelolaan keuangan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pembangunan yang dilakukanpun juga harus betul-betul pro rakyat.

Setiap dana yang dikeluarkan oleh pemerintahan nagari  harus bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi saat ini pengawasan keuangan dilakukan berlapis mulai dari Inspektorat, BPKP, BPK bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Oleh karena itu, hindari kebijakan terkait pengelolaan keuangan nagari yang melanggar hukum," timpalnya. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube