Headline News

header-int

Walinagari Diminta Lakukan Pematenan Potensi Di Wilayah Tugasnya

Kamis, 12 Sep 2019, 11:28:12 WIB - 6 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Walinagari Diminta Lakukan Pematenan Potensi Di Wilayah Tugasnya

Pesisir Selatan--Agar hasil pembangunan yang dilaksanakan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat, serta juga bisa berkelanjutan di tingkat nagari, maka kepada pemerintah nagari (Pemnag), diminta melakukan pemetaan potensi sebelum perencanaan pembangunan dimulai.

Hal itu disampaikan sekretaris daerah kabupaten (Setdakab) Pessel, Erizon Kamis (12/9), agar berbagai pembangunan yang dilakukan dapat diukur secara empiris dan berkualitas.

"Pembangunan yang terencana akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan dan ekonomi masyarakat. Melalui perencanaan itu pula, maka berbagai kegiatan yang dilakukan akan berkelanjutan pula, atau tidak mesti dimulai kembali dari awal," ungkapnya.
 
Selain itu dia juga menghimbau kepada Pemnag agar melakukan pengelolaan dana desa yang diperuntukan untuk pembangunan nagari sesuai dengan aturan, serta juga melakukan kegiatan Padat Karya.

"Saya berharap masyarakat benar-banar menikmati pembangunan yang bersumber dari dana desa. Serta juga memelihara hasil pembangunan tersebut dengan penuh tanggung jawab. Kepada walinagari diingatkan pula untuk tidak melakukan penyimpangan dana desa. Karena dana tersebut merupakan milik masyarakat, dari itu jangan coba-coba melakukan penyimpangan," tegasnya.

Agar dalam melakukan pemetaan potensi nagari mendapatkan hasil yang maksimal, jika perlu pihak nagari melibatkan tim dari Akademisi.

"Anjuran itu disampaikan, sebab Pemnag juga memiliki tanggung jawab dalam menuntaskan atau menurunkan angka kemiskinan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara merata di daerah," ujarnya.

Karena tujuan itu, maka dukungan dan sinergitas dengan perangkat daerah, stakeholder dan masyarakat sangat diperlukan.

" Dukungan itu mulai dari perencanaan hingga evaluasi kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh nagari," ingatnya.

Dia menambahkan bahwa setiap nagari di daerah itu mendapat alokasi dana desa yang dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, irigasi, pemberdayaan masyarakat dan lain sebaginya.

"Melaui bantuan yang disalurkan setiap tahun itu, sehingga masyarakat merasakan dampaknya. Baik dari segi sarana dan prasarana, maupun dalam hal peningkatan kualitas masyarakat melalui berbagai pelatihan yang diselenggarakan," tutupnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube