Headline News

header-int

1-2-2018 : Lengayang; negeri dalam sejarah keuangan republik

Jumat, 01 Februari 2018, 10:11:25 WIB - 871 | Kontributor :

Lengayang; merupakan kecamatan terluas dan terbanyak penduduknya di antara 15 kecamatan di Pesisir Selatan. Ada teka teki bagi kebanyakan masyarakat Pesisir Selatan tentang: “Apakah yang murah di Kambang ?”. Ada yang bilang tikar, ada yang menjawab pasir, ada juga yang menafsir payung. Bahkan ada yang menjawab gulai ikan. Semuanya memberi konotasi masing masing bagi yang menjawabnya. Bagi yang menjawab tikar, dihubungkan dengan kerajinan tikar yang sangat terkenal di masa lalu, sehingga harganya murah. Lengayang adalah penghasil tikar terbaik di masa lalu. Mereka yang menjawab pasir, karena memang hamparan pasir putih yang mudah dilihat dari jalan raya. Dan bagi yang menjawab ikan, karena gulai ikan orang Lengayang sangat enak. Ingin mencoba? Mampirlah di kerambia condong, atau rumah makan di sepanjang jalan Lengayang.

Namun, ada hal sangat penting dari Lengayang, tentang kreatifitas ekonomi. Sebuah logika pikiran yang melampaui cara pandang kita hari ini. Upaya kerja keras menyelamatkan ekonomi republik di zaman perang, karena tidak ada lagi alat tukar. Tidak ada uang. Seluruh negeri menjadi primitif. Alat tukar hanya melalui barang dengan barang. Barter.

Di suatu kampung kecil, Kotopulai, Nagari Kambang Timur, dilakukan percetakan uang republik, yang dikenal dengan uang ORI (Ouang Republik Indonesia). Para pejuang yang memahami akan strategis pentingnya uang, sebagai alat tukar, bekerja keras mencetak uang. Ada keterangan, bahwa upaya itu, adalah perintah dari pemerintah pusat. Tempat percetakan uang di rumah H. Tinta. Dicetak pertama kali tahun 1948, di saat perang masih amat sengit, sehingga banyak daerah yang telah dikuasai Belanda. Dan tak ada tempat yang aman.

Uang yang dicetak di Lengayang telah ikut membantu kekuatan ekonomi republik yang sedang sekarat. Bahkan, uang itu telah membuat gairah ekonomi menjadi baik di wilayah bagian tengah Sumatera. Datanglah ke Kotopulai. Sisa sisa uang yang turut menyelamatkan republik tersebut dapat dilihat di museum ORI di Kotopulai. Kita bisa mengetahui sejarahnya, nama nama yang ikut berjasa mencetak uang tersebut, dan aliran uang digunakan untuk apa saja. Tanpa uang ORI mungkin nasib republik ini telah menjadi lain. Wass..

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube