Headline News

header-int

24-1-2018 : Geomorfologinya yang indah

Rabu, 24 Januari 2018, 08:33:34 WIB - 754 | Kontributor :

Hari ini banyak orang membicarakan Pesisir Selatan, baik regional maupun nasional. Ramai para tamu datang menikmati keindahan Pesisir Selatan. Beragam destinasi yang dapat dinikmati. Dari laut yang indah, laksana surga yang dicontohkan di bumi, hingga sungai yang jernih, banyak ditemui untuk sekedar mandi dan berolahraga sungai (arung jeram). Geomorfologinya indah dan lengkap.

Ada 22 buah sungai. Dari yang terpanjang yakni sungai Batang Tarusan 437 km, berhulu di Surian Solok, hingga yang terpendek Sungai Batang Painan sekitar 13 km. Sungai sungai ini jernih dan cukup untuk berolahraga arung jeram. Sungai sungai ini ber hulu dari kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Hutan Lindung Batang Tarusan dan Hutan Lindung Bayang.

Keindahan pantai tak terkira. Tidak seperti pantai barat lainnya di Sumatera, yang terkenal terjal dan ombaknya ganas. Pantai di Pesisir Selatan amat mempesona, landai dan dihiasi oleh gerombol mangrove dan bakau, sehingga layak untuk tempat bersantai. Pantainya bersih dan memanjang. Ombaknya tidak terlalu besar, kecuali pada musim musim tertentu.

Tak jauh dari pantai berjejer banyak pulau. Ada 47 buah pulau yang melingkupinya. Semuanya merupakan pulau pulau yang layak dikunjungi. Pulau-pulau berpasir putih. Bahkan ada pulau yang sangat khusus, yakni pulau Penyu, tempat penyu penyu dari samudera hindia bertelur dan berkembang biak, serta pulau Marak tempat sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat mengembangkan atau menangkarkan siamang.

Daerah ini merupakan perpaduan antara jejeran bukit barisan (bagian dari Pegunungan Bukit barisan hingga Teluk Semangko di Lampung) dengan fisiografi pantai, sehingga pegunungan dan pantai begitu dekat satu sama lain. Anda bisa menemui kaki pergunungan bukit barisan yang bersentuhan dengan laut di bagian utara, ada dataran rendah yang subur di bagian tengah (Sutera dan Lengayang hingga ranah Pesisir), lahan rawa yang yang sudah dikeringkan hingga menjadi perkebunan kelapa sawit yang sangat luas di bagian selatan (Pancung soal hingga Silaut). Dan juga ternak sapi rakyat, yang berkeliaran, laksana gelombang laut yang bergelora ke mana mana, sebagai salah satu basis ekonomi kerakyatan di Pesisir Selatan. Wass

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube