Headline News

header-int

Bupati Minta Masyarakat Laporkan Praktik Penebangan Liar

Selasa, 16 Oktober 2018, 14:13:32 WIB - 336 | Kontributor : Didi Someldi Putra

Pesisir Selatan, 16/10/2019 - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meminta masyarakat aktif melapor praktik penebangan liar yang berdampak buruk terhadap ekosistem hutan dan juga menjadi pemicu banjir bandang, kekeringan dan lain sebagainya.  

"Jika masyarakat mengetahui adanya praktik penebangan liar segera lapor, jika tidak berani melapor karena takut dan lain sebagainya hubungi saya maka saya sendiri yang akan menyeret pelakunya ke meja hijau," kata Hendrajoni di Painan, Selasa.

Ia menyebut secara geografis daerah setempat di sebelah timur berbatas langsung dengan hutan baik hutan produksi maupun Taman Nasional Kerinci Seblat.

Sehingga jika penebangan liar tidak bisa dikendalikan maka masyarakat akan terancam berbagai musibah diantaranya kekeringan ketika musim kemarau dan akan sering dilanda banjir ketika musim hujan datang.

"Kemarin saya berkunjung ke Kampung Limau Manis Kulam, Kecamatan Lengayang masyarakat di sana sudah mulai merasakan dampak penebangan liar dari sebelumnya kampung tersebut tidak pernah kebanjiran namun saat ini ketika memasuki musim penghujan hampir setiap hari kebanjiran," katanya.

Sesuai informasi yang ia dapatkan banjir terjadi sejak dua tahun terakhir dan salah satu penyebabnya adalah maraknya penebangan liar.

"Saya sudah meminta masyarakat untuk melaporkan oknum masyarakat yang melakoni kegiatan itu, dan jika mereka tidak berani saya sudah meminta untuk melaporkan identitasnya kepada saya biar saya nanti yang melaporkannya," ujarnya lagi.  

Terpisah, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Balai Besar TNKS, Sahyudin menyebutkan pada pertengahan 2017 pihaknya mengidentifikasi sebanya 26 peladang membabat hutan TNKS di Kampung Limau Manis Kulam.

Selanjutnya para peladang itu diminta untuk membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi, aksi tersebut diketahui setelah masyarakat sekitar memberikan laporan terkait kegiatan itu.

"Setidaknya mereka telah membabat lahan seluas 50 hektare, berdasarkan kesepakatan lahan yang dibabat akan tetap diolah namun dengan catatan tidak menambah luas serta dilokasi harus menanam tanaman tahunan," sebutnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube