Headline News

header-int

Forum Nagari Siaga Miliki Peran Meningkatkan Kesehatan Lingkungan

Kamis, 15 November 2018, 14:39:20 WIB - 291 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 15 November 2018--Kehadiran Forum Nagari Siaga (FNS) akan memberikan konstribusi yang besar terhadap bagi daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama sekali dalam mengantisipasi berbagai penyakit menular.

Karena peran itu, sehingga kehadiran FSN perlu mendapat dukungan dari masyarakat, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).  

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawah mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Kamis (15/11) bahwa daerah itu melalui jajaranya terus mendorong dan memotivasi semua nagari untuk menghidupkan Forum Nagari Siaga yang berorientasi dengan penyehatan lingkungan.

" Persoalan kesehatan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama. Dengan terbentuk dan aktifnya Forum Nagari Siaga, maka berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, terutama sekali menyakut dengan kesehatan dan lingkungan, bisa dilakukan pemecahanya secara bersama," ungkapnya.

Dikatakan demikian, sebab dalam forum itu tenaga kesehatan mulai dari bidan desa atau nagari hingga ke tingkat Puskesmas beserta para dokternya, akan saling berkoordinasi dengan pemerintahan nagari dan para kader lainya dalam menghadapi persolanan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

" Sehingga bila terjadi persoalan di masyarakat, pemecahan solusi atau tindakan-tindakan yang musti dilakukan, bisa diselesaikan dengan cepat. Termasuk juga dalam mengantisipasi penyebaran penyakit menular," katanya.  

Diakuinya bahwa keterbatasan sarana pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil, menjadi salah satu penyebab penyebaran informasi dan sosialisasi tentang kesehatan menjadi tidak maksimal.

" Dengan aktifnya Forum Nagari Siaga ini, maka persoalan itu akan bisa diatasi. Sebab dalam forum ini, peran serta masyarakat peduli kesehatan dan lingkungan juga fokus terhadap daerah-daerah terpencil tersebut, yang tentunya dengan cara melibatkan masyarakat yang berasal dari daerah terpencil itu sendiri, disamping perangkat nagari, tim penggerak PKK nagari, serta kader nagari siaga itu sendiri," ujarnnya.

Ditambahkanya bahwa untuk tingkat kecamatan, koordinasi  forum Siaga Nagari dilakukan di setiap Puskesmas pada masing-masing kecamatan atau wilayah kerja.

" Di Pessel terdapat 18 Puskesmas yang menjadi pusat koordinasi Forum Siaga Nagari. Puskesmas ini, tersebar di 15 kecamatan, sebab di beberapa kecamatan tertentu, ada yang memiliki dua Puskesmas, seperti Kecamatan Bayang, IV Jurai dan Kecamatan Batangkapas," jelasnya.

Dia berharap agar tim yang tergabung dalam forum itu, benar-benar aktif melakukan penyuluhan, dan pembinaan kesehatan kepada masyarakat.

" Harapan itu disampaikan, karena di Pessel masih ditemui ada masyarakat yang belum memahami tentang pentingnya kesehatan di dalam kehidupan keluarga," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube