Headline News

header-int

Harga Sembako di Painan Mulai Merangkak Naik

, 19 Desember 2010, 09:01:00 WIB - 655 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Desember----

Harga sembilan kebutuhan barang pokok (sembako) di Kabupaten Pesisir Selatan mulai mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, kenaikan harga sudah biasa terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya dan kenaikan harga sangat bervariasi.

"Untuk harga minyak goreng curah mengalami kenaikan sebesar Rp1.000 per Kg dari sebelumnya dijual dengan harga Rp11.000 per Kg, tetapi sekarang dijual dengan harga Rp12.000 per Kg," kata pedagang sembako di Pasar Inpres Painan,Upik (50), Minggu (19/12)

Begitu pula dengan harga cabe, beras dan gula pasir yang ikut mengalami kenaikan.

Harga cabe merah asal medan menjadi Rp40 ribu per kg dari pekan sebelumnya Rp36 ribu per kg, beras dengan segala merek mengalami kenaikan dari Rp1000 hingga Rp2000 per gantang. dan untuk gula pasir juga mengalami kenaikan sebesar Rp1.000 dari harga semula yakni Rp10.000 per kilogram menjadi Rp11 ribu per kilogram.

Menurutnya, tersendatnya pasokan dan mulai menipisnya pasokan bukan penyebab utama kenaikan harga sembako di tingkat pedagang karena pengiriman dari distributor kemari masih lancar serta pasokan yang masih mencukupi dalam dua pekan ke depan.

Sementara berbeda dengan harga minyak, gula,beras dan cabe. Untuk harga telur malah tidak mengalami kenaikan. Harganya masih tetap stabil di angka Rp1000 per butirnya.

"Harga telur masih stabil ditingkat pedagang dengan permintaan konsumen yang juga stabil," kata pedagang sembako lainnya, Inel (43)

Kenaikan harga telur, menurutnya mungkin akan terjadi empat hari menjelang perayaan natal dan tahun baru karena digunakan kebutuhan untuk membuat kue.(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube