Headline News

header-int

Masyarakat Harus Jadi Tuan Rumah Yang Baik Bagi Wisatawan

Jumat, 18 Mei 2018, 05:13:46 WIB - 504 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Painan,18/5/2018-Pemberdayaan masyarakat di Kawasan wisata khususnya Pesisir Selatan yang memiliki kawasan Mandeh, Cerocok Painan perlu selalu dilakukan ,agar seiring berkembangnya  Kawasan Mandeh sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Pessel dan Sumbar maka  pola dan tingkah laku masyarakat juga harus membaik dan mampu menjadi pelaku wisata andal.

"Sekarang ini pemerintah selalu berusaha untuk melengkapi sarana dan prasarana dengan mensinergikan semua ini untuk bisa terlibat langsung dan melahirkan program program pengembangan," ujarnya Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kamis (17/5) di Painan 

Menurutnya Kawasan Mandeh telah menjadi kawasan pilihan dan diprioritaskan untuk pengembangannya bahkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Pemerintahan Provinsi Sumbar dan Pemerintahan pusat menjadikan pembangunan Kawasan Mandeh sebagai prioritas pembangunan.

"Perhatian khusus diberikan ke kawasan Mandeh  untuk itulah perlu adanya pembenahan disemua bidang termasuk SDMnya," ujarnya 

"Sebagai destinasi wisata bahari unggulan terus dilakukan. Pemkab tak henti  memberikan pendampingan kepada kelompok masyarakat sebagai pelaku  utama dalam pengelolaan kawasan pariwisata ini. Salah satunya adalah pembinaan bagi masyarakat pengelola homestay," ujarnya  .

Memberikan pemahaman kepada masyarakat harus selalu diberikan agar seiring berkembangnya pariwisata masyarakat mampu menjadi pelaku wisata yang baik. Apalagi Kawasan Mandeh telah menjadi tujuan utama wisatawan baik lokal maupun mancanegara,semua kesiapan sarana dan prasarana harus segera disiapkan termasuk penginapan buat wisatawan. Pemerintah Kabupaten Pessel mengarahkan masyarakat untuk diberdayakan dengan mendirikan homestay milik masyarakat itu sendiri sehingga masyarakat bisa menjadi pelaku langsung bukan sebagai penonton jika kawasan Mandeh semakin berkembang. 

"Pemberdayaan yang dilakukan beberapa pihak ini perlu diapresiasi sebab denga  diberikannya pemahaman terhadap masyarakat tentang cara pengelolaan homestay  nantinya masyarakat mampu dan mengetahui jika nantinya rumah mereka dirubah menjadi homestay(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube