Headline News

header-int

Mawardi Roska : Kebersihan Dukung Kemajuan Destinasi Wisata

Selasa, 11 Desember 2018, 14:41:18 WIB - 215 | Kontributor :

PESISIR SELATAN, 11/12/2018 -Kebersihan merupakan hal yang utama untuk dilakukan oleh masyarakat di lingkar destinasi. Sebab kebersihan menjadi salah satu tolak ukur wisatawan merasa nyaman selama berkunjung ke destinasi wisata.

Selama ini ada sedikit wisatawan yang mengeluhkan tentang kebersihan di beberapa destinasi wisata. Diantaranya banyak sampah berserakan dan toilet yang dianggap masih belum memenuhi standar. 

Sehingga perlu adanya kesadaran masyarakat untuk mengatasi persoalan destinasi wisata.

"Kebersihan merupakan modal kepariwisataan. Kebersihan menjadi salah satu modal penting menarik wisatawan karena tidak ada wisatawan yang tertarik dengan rempat yang kotor walaupun punya potensi untuk di kunjungi,"kata Kepala Dinas Pariwisata, Mawardi Roska, Selasa (11/12).

Dia mengungkapkan, selain mampu menarik wisatawan, kebersihan lingkungan juga akan berdampak positif bagi kesehatan masyarakat. Lingkungan yang bersih akan menciptakan masyarakat yang bersih dan sehat sebab ada hubungan simbiosis mutualisme.

"Daerah kita merupakan kawasan wisata, perkarangan rumah masyarakat harus bersih dan juga harus memikiki toilet. Siapa tau nanti ada tamu wisatawan yang akan menginap di rumah masyarakat,"katanya.

Menurutnya, soal kebersihan ini memang menjadi salah satu kendala pariwisata. Dan masyarakat harus mengubah tradisinya agar kawasan itu tetap bersih sehingga nyaman di pandang mata. 

"Maka dari itu kami mengharapkan kepada masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan. Karena kebersihan menjadi salah satu tolak ukur membuat wisatawan nyaman dalam berkunjung,"harapnya.(18)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube