Headline News

header-int

Pemkab Pessel Lakukan Penghijauan Bibit Pohon Bambu Terhadap DAS yang Rawan Bencana

Selasa, 11 Desember 2018, 16:26:59 WIB - 119 | Kontributor : Kiki Julnasri Priatama
Pemkab Pessel Lakukan Penghijauan Bibit Pohon Bambu Terhadap DAS yang Rawan Bencana

Pesisir Selatan, 11/12/2018- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melakukan rebiosasi atau penanaman bibit pohon bambu untuk mengembalikan hutan sungai yang sudah mulai gundul di sekitaran hulu daerah aliran sungai (DAS) di daerah tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Nelly Armida mengatakan, untuk tahun 2018 ada sebanyak 4 DAS yang sudah dilakukan rebiosasi diantaranya, Sungai Batang Salido di IV Jurai, Sungai Ampingparak di Sutera, Sungai Koto Kandis dan Sungai Lakitan di Lengayang serta Sungai Pelangai di Ranah Pesisir.

"Total anggaran tahun 2018 mencapai Rp.280 juta. Dan semua telah kita realisasi untuk rebiosasi DAS yang dianggap rawan," terang Nelly Armida diruang kerjanya, Selasa 11 Desember 2018.

Dia menjelaskan, untuk reboisasi Pesisir yang selalu dikaitkan sebagai daerah yang rawan bencana. Di saat musim hujan selalu kebajiran, dan selain itu rawan terhadap longsor yang berada di sekitaran DAS.

Menurutnya, langkah tersebut saat ini memang bukan hal yang instan. Sebab, masih banyak DAS yang butuh dilakukan rebiosasi terutama di kawasan hulu sungai.

"Tahun depan kalau masih dapat, kami akan utamakan untuk pengamanan DAS dan Pantai ini. Kerena penanaman bibit bambu dan pinus sangat mendorong terjadi bencana di daerah,"tutupnya. (08)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube