Headline News

header-int

Pesisir Selatan Punya Potensi Wisata Air Terjun di Kampung Akad Kambang

Sabtu, 13 Januari 2018, 14:17:47 WIB - 4468 | Kontributor : Kiki Julnasri Priatama
Pesisir Selatan Punya Potensi Wisata Air Terjun di Kampung Akad Kambang

Painan-- Pesisir Selatan memang kaya alamnya, selain memiliki keindahan pantai dan pulau. Daerah ini juga memiliki potensi air terjun sebagai destinasi wisata alam yang pantas untuk dinikmati di daerah ini.

Potensi air terjun ini, bisa dinikmati di bukit yang terdapat di Kampung Akad, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang.  Air terjun ini diberinama Air Terjun Bukit Katuak Kampung Akad yang berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat Kecamatan Lengayang. 

Letak air terjun tampak tidak terlihat jauh dari pemukiman warga. Hanya, berjalan kaki sekitar 25 menit dari permungkiman warga Kampung Akad, pencita alam bisa langsung menemukannya.

Warga di Kampung Akad menyebut, potensi air terjun ini sudah lama diketahui masyarakat setempat. Namun, keberadaan belum terekspos seperti kondisi baru-baru ini.

“Baru-baru ini sudah banyak juga yang mengetahui, tetapi memang orang di sekitar Kampung sini saja. Sebab, kampung kami jaraknya cukup pelosok, jadi belum begitu terkenal," ujar Novi (27) warga setempat.

Air terjun di Bukit Katuak Kampung Akad memiliki curahan air setinggi 50 meter. Berada diatas ketinggian puncak bukit, alam disekitarnya begitu indah dan terasa sejuk.

“Suasananya memang selalu sejuk, walaupun disaat cuaca panas. Karena aliran airnya juga dimanfaatkan petani di sawah setiap hari di Kampung Akad,"jelasnya.

Selain kesejukan suasana dilingkungan air terjun yang bisa dirasakan. Keistimewaan suasana perkampungan yang asri masih bisa dirasakan dengan hamparan ladang dan hektaran sawah masyarakat di daerah ini.

Jika ada yang tertarik mengunjungi air terjun Kampung Akad. Pengujung bisa menemukan dengan masuk dari simpang Pasir Putih Kambang dari Kecamatan Sutera, dan dari Kecamatan Ranah Pesisir bisa masuk dari Simpang Koto Baru usai melewati pasar Kambang dengan jarak 16 kilometer perjalanan. (08)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube