Headline News

header-int

Pessel Pertahankan Sejarah dan Budaya Lokal Melalui Kegiatan Laseda

Kamis, 18 Juli 2019, 11:08:08 WIB - 391 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Pessel Pertahankan Sejarah dan Budaya Lokal Melalui Kegiatan Laseda

Pesisir Selatan--Untuk meningkatkan kesadaran serta juga menambah pemahaman tentang informasi sejarah lokal, sebanyak 53 siswa di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mengikuti Lawatan Sejarah Daerah (Laseda) pada Rabu (17/7).

Kegiatan Laseda yang dipusatkan di Kecamatan Lunang, tepatnya di Rumah Gadang Mandeh Rubiah Komplek Makam Bundo Kanduang, dan Makam Cindua Mato itu, juga diikuti oleh 7 orang guru dari 7 UPT SMP se Kecamatan IV Jurai.

Kebarangkatan 60 orang peserta Laseda yang bertempat di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu, dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Zulkifli dengan diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Irfan Rizal.

Kepala Bidang Kebudayaan, Irfan Rizal mengatakan Kamis (18/7) bahwa kegiatan Laseda tersebut adalah untuk memberikan informasi, inspirasi, dan pemahaman tentang suatu peristiwa bersejarah di daerah dalam konteks sejarah lokal kepada generasi muda.

"Melalui kegiatan ini saya berharap akan muncul kesadaran dari generasi penerus ini untuk merawat warisan para pendahulu bangsa, dan menjaga moralitas dalam membangun, disamping juga mensosialisasikan pengetahuan sejarah melalui luar sekolah. Melalui metoda ini, maka pelajaran sejarah akan menjadi menyenangkan," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pada kegiatan Laseda tahun 2019 ini, peserta yang berjumlah sebanyak 60 orang yang juga berasal dari tenaga guru itu, akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Kecamatan Lunang.

"Di kecamatan itu, mereka berkunjung ke Rumah Gadang Mandeh Rubiah, Komplek Makam Bundo Kanduang, dan Makam Cindua Mato," jelasnya.

Ditambahkanya bahwa kegiatan itu akan membirikan nilai positf bagi anak didik dalam memperkenalkan sejarah lokal.

"Dengan mengenal secara dekat ini, maka mereka akan mencintai sejarah lokal. Sehingga dikemudian hari mereka juga dapat berkontribusi dan berkarya untuk kemajuan daerahnya," harap Irfan.

Dia menambahkan bahwa kegiatan Laseda, merupakan agenda tahunan dalam upaya menginternalisasikan nilai sejarah dan budaya kepada peserta didik.

Dalam kegiatan ini, peserta didik akan dikenalkan dengan objek-objek serta peristiwa sejarah yang terjadi di suatu daerah.

Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Purbakala, Kasrida dalam kesempatan itu juga menjelaskan bahwa Laseda memang diperuntukkan bagi para pelajar agar dapat memperluas pemahaman tentang sejarah bangsa, serutama sekali sejarah dan warisan budaya di daerah.

"Melalui kegiatan ini, kita berharap agar sejarah dan budaya yang ada di daerah tidak mudah tenggelam ditelan zaman. Dari itu, kami mengajak semua masyarakat untuk tetap melestarikan, melindungi, dan terus memelihara semua peninggalan yang bersejarah," timpalnya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube