Headline News

header-int

Tahun 2019, Kegiatan Kampung KB Berorientasi Pada Pemberdayaan Potensi Masyarakat

Selasa, 11 Desember 2018, 12:47:22 WIB - 255 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, 11/12/2018-Tahun 2019 mendatang, kegiatan Kampung KB di Kabupaten Pesisir Selatan berorientasi pada pemberdayaan potensi masyarakat. Kemudian Pemkab Pesisir Selatan tetap berkomitmen mengembangkan Kampung KB untuk menciptakan pertumbuhan penduduk yang seimbang. Hal itu disebutkan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan KB (PMDP2KB) Pessel, Hamdi, Selasa (11/12).

Ia mengungakapkan, tahun 2016 lalu pihaknya telah dibentuk sebanyak 51 Kampung KB, tahun 2017 sebanyak 15 Kampung KB dan 2018 ini 35 Kampung KB yang tersebar di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan..

Dijelaskan, pengembangan Kampung KB sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah padat penduduk, wilayah miskin, tertinggal dan terpencil.

Selanjutnya, Kampung KB tidak hanya difokuskan untuk mengatasi persoalan ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.

Disebutkan, program pembangunan bidang kependudukan dan KB, tetap menjadi salah satu program prioritas Pemkab Pessel tahun 2019 nanti.

"Mengingat, bidang kependudukan adalah modal dasar dan faktor dominan dalam pembangunan serta titik sentral pembangunan berkelanjutan," ucpanya.

Lebih lanjut menurutnya, upaya itu sangat diperlukan dan merupakan kerjasama seluruh stakeholder. Akan tetapi kedepan perlu terus ditingkatkan, termasuk partisipasi penduduk pendatang dalam mensukseskan program KB.

Dikatakan, berbagai upaya telah dilakukan  dalam pengendalian angka kelahiran melalui program KB, baik melalui peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan maupun pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga, sehingga terwujud pertumbuhan penduduk yang seimbang. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube