Headline News

header-int

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Warga Diminta Miliki Kesadaran Sendiri Melapor dan Mengisolasi Diri

Jumat, 27 Maret 2020, 10:17:17 WIB - 45 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Warga Diminta Miliki Kesadaran Sendiri Melapor dan Mengisolasi Diri

Pesisir Selatan--Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, terus melakukan pendataan terhadap warganya guna mengantisipasi dampak penularan covid-19. Pendataan itu dilakukan terhadap warga dengan status notifikasi, dan orang dalam pantauan (ODP).

Agar upaya yang dilakukan bisa tercapai secara maksimal serta juga lebih akurat, maka kepada masyarakat diminta memiliki kesadaran untuk melaporkan dirinya jika memiliki riwayat memiliki kontak langsung dengan PDP, serta kembali dari kunjungan luar negeri atau luar daerah yang sudah terjangkit Covid-19.

Hal itu disampaikan Sekda Pesisir Selatan, Erizon, kepada pesisirselatan.go.id Jumat (27/3).

Dia menyampaikan bahwa berdasarkan up date penanganan penyebaran Covid-19 di Pessel Kamis (26/3) pukul 13.00 WIB, jumlah orang dengan status notifikasi di daerah itu sebanyak 171 orang.

Disampaikanya bahwa warga yang merasa dirinya pernah berkomunikasi atau kontak fisik  dengan orang dengan status PDP, dan kembali dari luar negeri dan luar daerah yang telah terjangkit Covid-19 itu, dapat melaporkan diri ke posko-posko siaga di semua puskesmas, dan  posko utama di halaman kantor Dinas Kesehatan di Painan.

"Namun yang lebih utama sekali, bagaimana kita bisa mengisolasi diri sendiri sebelum melaporkan diri kepada petugas kesehatan, agar tidak memberikan dampak terhadap keluarga dan lingkungan. Sebab penyebaran virus corona jenis baru covid-19 ini sangat cepat, dan belum ditemukan vaksin untuk penyembuhanya bila sudah terjangkit," ingatnya.
 
Sekda Pesisir Selatan, Ir. Erizon, M.T., juga melakukan imbauan kepada para perantau agar menahan diri untuk tetap berada di rantau hingga kondisi kembali normal seperti biasa.

"Sebab hanya melalui upaya itu kita bisa menguruangi penyebaran covid-19 ini. Harapan saya, apa yang disampaikan ini jangan disalahartikan demi keselamatan kita semua," harapnya. (05)  

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube