Headline News

header-int

Baznas Salurkan Bantuan Bedah Rumah Korban Tanah Longsor Di Kampung Air Tambang

Jumat, 15 Oktober 2021, 13:52:02 WIB - 340 | Kontributor : Marlison
Baznas Salurkan Bantuan Bedah Rumah Korban Tanah Longsor Di Kampung Air Tambang

Pesisir Selatan-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan merealisasikan bantuan bedah rumah layak huni bagi warga korban tanah longsor di Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir,  Kamis (14/10) di posko bencana setempat.

Pada kesempatan itu hadir Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah, Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Inf.Gamma Arthadilla Sakti, Camat Ranah Pesisir, Zul Arzil, unsur Forkopimca, pemerintah nagari dan tokoh masyarakat setempat. 

Selain Baznas Pesisir Selatan, Wabup Rudi Hariyansyah juga menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 5 juta kepada masing-masing korban. Sedangkan para korban bencana tanah longsor yang menerima bantuan itu adalah Ben Suhendri, Pendi, Janawir, Tofit dan Liber Waneri. 

Wabup Rudi Hariyansyah mengatakan, bencana tanah longsor yang terjadi di Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir mengakibatkan setidaknya 5 unit rumah mengalami rusak berat. 

"Ya, meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun bencana tanah longsor itu mengakibatkan kerugian materi seperti rusaknya rumah dan perabot rumah tangga milik warga di daerah itu," ucapnya.

Dikatakan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga telah menyalurkan bantuan berupa sembako,  makanan siap saji, terpal, selimut, kasur, family kit, peralatan dapur serta bantuan lainnya. 

"Kita mengajak korban agar sabar menghadapi cobaan ini. Mudah-mudahan dengan bantuan dari Baznas, korban bisa memiliki rumah yang layak. Kemudian kita berharap korban bangkit untuk menata kehidupan yang lebih baik ke depan," pintanya. 

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Yuspardi mengatakan, pihaknya menyalurkan dana zakat untuk beberapa kegiatan seperti untuk bedah rumah layak huni, pemberian beasiswa, bantuan tambahan modal usaha keluarga kurang mampu, bantuan biaya berobat dan lainnya.

"Khusus bantuan bedah rumah layak huni bagi korban tanah longsor di Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir, sebelumnya Baznas melakukan survei ke lokasi. Dari hasil survei itu, maka pihaknya menyalurkan bantuan untuk bedah rumah layak huni," jelasnya.

Yuspardi lebih lanjut menjelaskan, dalam hal ini Baznas Kabupaten Pesisir Selatan menyalurkan bantuan kepada 5 orang korban yang rumahnya mengalami rusak berat akibat bencana tanah longsor masing-masing Rp 20 juta. "Kegiatan bedah rumah korban bencana tanah longsor di Kampung Air Tambang, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir tersebut dilakukan secara swadaya oleh Kodim 0311 Pesisir Selatan," ungkapnya. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube