Headline News

header-int

Dinas Lingkungan Hidup Programkan Satu Nagari Satu Bank Sampah

Rabu, 01 April 2020, 10:17:40 WIB - 1138 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Dinas Lingkungan Hidup Programkan Satu Nagari Satu Bank Sampah

Pesisir Selatan--Untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui kebersihan lingkungan dari produksi sampah yang selama ini tidak terkelolah dengan baik, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memprogramkan satu nagari satu bank sampah.

Melalui kebaradaan bank sampah itu nanti, sehingga berbagai jenis sampah yang dihasilkan dari produksi rumah tangga dan home industry bisa dilakukan pemilahan, terutama sekali sampah jenis anorganik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno Rabu (1/4).

"Pemkab Pesisir Selatan mulai tahun 2020 ini memprogramkan satu nagari memiliki satu bank sampah. Upaya ini tidak saja bisa mengurangi produksi sampah rumah tangga. Tapi lebih dari itu juga akan memberikan dampak positif terhadap pengurangan tempat bersarang nyamuk penyebar virus DBD. Sebab setiap rumah tangga akan melakukan pemilahan sampah yang bisa mendatangkan nilai uang melalui keberadaan bank sampah itu," katanya.

Disampaikanya bahwa untuk menciptakan program satu nagari satu bank sampah itu, pihaknya sudah memulai sosialisasinya sejak empat tahun terkahir.

"Bahkan di beberapa titik sudah didirikan, namun itu baru sebatas percontohan, seperti di Pincuran Boga Kecamatan IV Jurai, Kecamatan Batang Kapas, Kecamatan Sutera, serta di Kecamatan Ranah Pesisir," ujarnya.

Dijelaskan lagi bahwa selain satu nagari satu bank sampah, pihaknya juga menganjurkan pengadaan bank sampah itu disetiap sekolah, termasuk juga sistem pengelolaannya.

"Semua itu bertujuan agar sampah yang sudah terpisah menurut jenisnya itu, juga bisa diolah menjadi pupuk organik. Sedangkan yang anorganik bisa pula dilakukan daur ulang melalui penyaluran ke bank sampah yang ada," ungkapnya.

Bagi nagari atau sekolah yang ingin belajar cara pengelolaan bank sampah, pihaknya bisa melakukan fasilitasi kepada bank sampah yang dinilai telah sukses melakukan pengembangan di daerah itu.

"Kita juga siap memfasilitasi nagari, sekolah, ataupun perorangan untuk belajar cara mengelolaan bank sampah kepada beberapa pengelolaan bank sampah yang sudah sukses melakukan pengembangan di daerah ini," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube