Headline News

header-int

Kanwil Kemenkumham Sumbar Gelar Ceramah Penyuluhan Hukum di Pesisir Selatan

Selasa, 23 Februari 2021, 09:12:12 WIB - 16 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Kanwil Kemenkumham Sumbar Gelar Ceramah Penyuluhan Hukum di Pesisir Selatan

Pesisir Selatan --- Guna meningkatkan pengetahuan dan penyadaran hukum para wali nagari, Badan Musyawarah Nagari  (Bamus-Nag) dan kalangan tokoh masyarakat, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sumatera Barat (Sumbar), gelar penyuluhan hukum terpadu di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kegiatan yang digelar di ruang pertemuan Kantor Bupati Pessel, Selasa (23/2) itu, dibuka oleh Plh Bupati Pessel, Muskamal, dengan juga dihadiri Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya, dan para pejabat lainnya, Kepala Rutan kelas II B Painan, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat kabupaten (Sekkab) Pessel, Sabrul Bayang, serta  para pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Pessel.

Plh. Bupati Pesisir Selatan, Muskamal, dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagian pihak pemerintah daerah dia menyampaikan terimakasih kepada Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, yang telah menjadikan Pessel sebagai sasaran penyuluhan hukum di Sumbar.

"Peranan pemerintah dalam memenuhi kepastian hukum bagi masyarakat sangatlah penting. Sehingga kita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenkumham Sumbar di daerah ini," ungkapnya.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman norma hukum bagi aparatur pemerintah, terutama sekali bagi para wali nagari sebagai peserta penyuluhan hukum.

"Saya berharap ini bisa ditindaklanjuti hingga ke tingkat masyarakat dan kelompok-kelompok yang ada di lingkungan pemerintah nagari agar apa yang diharapkan tercapai," katanya.

Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar, R Andika Dwi Prasetya, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan kepada masyarakat agar mematuhi semua ketentuan hukum yang berlaku, termasuk juga mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang hingga saat ini belum mereda.

"Saya memang menjadikan Pessel sebagai salah satu daerah sasaran penyuluhan hukum di Sumbar, agar kesadaran masyarakat terhadap hukum kian meningkat lagi di daerah ini. Apalagi daerah ini juga terkenal dengan sebutan sejuta pesonanya," katanya.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah daerah yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan ceramah penyuluhan hukum tersebut.

"Kanwil Kemenkumham Sumbar memiliki keinginan bagaimana seluruh masyarakat di daerah ini memiliki pemahaman dan kesadaran hukum yang tinggi. Untuk mencapai harapan itu, sehingga kami akan selalu siap turun ke bawah. Bahkan kami juga siap turun ke lapangan bila diundang hingga ke tingkat nagari sekalipun," ujarnya.

Dia juga berharap kegiatan itu akan semakin mendorong sinergitas dan kerjasama antara pemerintah daerah Pessel dengan Kemenkumham Sumbar.

"Secara terus-menerus diharapkan kita bisa melakukan penyuluhan dan pemahaman masyarakat terhadap hukum. Tujuannya agar masyarakat tidak melek hukum. Dan kegiatan ini juga hendaknya bisa sampai ke tingkat desa dan kelurahan di Sumbar," harapnya.

Dia berharap para peserta agar bisa mengikuti kegiatan dengan serius dan hingga tuntas.

"Silahkan bertanya dengan sepuas-puasnya bila ada keraguan, terutama yang berkaitan dengan hukum," ingatnya mengakhiri. (05)

 

 

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube