Headline News

header-int

Menghadapi Pilwana 2020, Nagari di Pessel Diminta Segera Bentuk Panitia Pengawas

Senin, 02 Maret 2020, 02:06:43 WIB - 137 | Kontributor : Okis Mardiansyah
Menghadapi Pilwana 2020, Nagari di Pessel Diminta Segera Bentuk Panitia Pengawas

Pesisir Selatan - Sebanyak 19 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan bakal menggelar pemilihan walinagari (Pilwana) serentak yang dijadwalkan pada 20 April 2020 mendatang.

Kepala DPMNP2KB Pessel, Wendi mengatakan, pembentukan panitia pada masing-masing nagari, sudah sesuai dengan regulasi yang ada hingga masuknya tahap pencoblosan pada 19-20 April mendatang.

"Untuk Kecamatan IV Jurai, kemarin sudah dibentuk panitia pengawas Pilwana. Hari ini, di Sutera pada 2 nagari yaitu Ampiang Parak Timur dan Surantih juga sudah dibentuk," kata Wendi pada Haluan di Painan, Sabtu (29/2).

Terkait pembentukan panitia Pilwana, ia menyebutkan sudah mengundang sebanyak 19 Pj walinagari dan camat guna membahas sejumlah tahapan Pilwana yang bakal berlangsung pada masing-masing nagari nantinya.

"Ya, Kamis kemarin kami sudah membahas hal ini. Sebab, skedulnya sudah keluar. Setidaknya ada 4 tahapan Pilwana yang mesti dipahami, yakni persiapan, penjaringan, pemilihan, dan pelantikan. Nah, dari 4 tahapan ini ada 57 sub tahapan yang mesti disegerakan, seperti pembentukan panitia kabupaten, kecamatan, hingga nagari, termasuk sosialisai hingga pelantikan," ucapnya menjelaskan.

Kendati demikian, kata Wendi, hal yang sangat krusial dan paling rawan adalah ketika masuk tahapan penentuan bakal calon, penetapan, pemilihan, hingga penghitungan suara. Ia berharap, seluruh panita pengawas Pilwana dapat bekerja sesuai tahapan dan mempedomani regulasi tentang pemilihan walinagari.

"Pada tahapan ini, kami minta panita pengawas agar proaktif melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Tujuannya agar proses Pilwana berjalan aman, lancar, dan kondusif," ujarnya.

Sementara itu, Pj Walinagari Surantih, Iwal S.Pt mengatakan, untuk Kecamatan Sutera sedikitnya ada 2 nagari yang bakal menggelar Pilwana tahun ini, yakni Nagari Ampiang Parak Timur dan Nagari Surantih. Bahkan, untuk menyukseskan kegiatan 4 tahunan tersebut, pihaknya sudah membentuk 10 orang panitia Pilwana.

"Sesuai kesepakatan bersama, Amping Parak Timur rencananya digelar Minggu 19 April 2020 dan Surantih pada Senin 20 April 2020," katanya pada wartawan usai pelantikan panitia dan pengawas Pilwana 2020 di aula kantor walingari setempat.

Terkait pembentukan panitia Pilwana tersebut, pihaknya bersama Bamus memprioritaskan masyarakat daerah setempat yang nantinya dipilih oleh warga sekitar, tujuannya agar proses pemilihan berjalan sesuai keinginan bersama.

"Ya, ada 10 panitia Pilwana yang kami bentuk hari ini, 5 panitia dan 5 lagi pengawas. Namun, untuk panitia kami hanya memilih 3 orang saja berdasarkan voting masyarakat. Sebab, 2 diantaranya berasal dari perangkat nagari," tuturnya. (15)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube