Headline News

header-int

Pemerintah Nagari Dituntut Memiliki Inovasi Dalam Membangun

Senin, 22 Februari 2021, 10:48:09 WIB - 13 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Pemerintah Nagari Dituntut Memiliki Inovasi Dalam Membangun

Pesisir Selatan, - Agar cepat berkembang, pemerintah nagari dituntut mampu menciptakan produk unggulan kawasan pedesaan yang memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat.

Selain itu, nagari juga ditantang mampu melakukan pembangunan berbagai sarana dan prasarana lainya. Sebab bagi nagari yang memiliki inovasi tersebut, akan memiliki peluang yang besar untuk bisa tampil pada bursa inovasi desa/nagari yang selalu digelar setiap tahunnya.  
 
Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakar Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Wendi, Senin (22/2) kepada pesisirselatan.go.id.

Dia mengatakan bahwa semua nagari di daerah itu sekarang telah mulai melakukan inovasi-inovasi pembangunan.

"Walau demikian, pemerintah nagari juga dituntut harus mampu melakukan prioritas pembangunan. Seperti menciptakan produk unggulan kawasan pedesaan,  sarana olahraga dan lainnya," ungkap Wendi.

Harapan itu disampaikanya, sebab kegiatan tersebut merupakan bagian dari dari program Kementerian Desa (Kemendes).

"Sebab melalui kegiatan bursa inovasi tersebut, semua unsur yang ada di nagari dapat bertukar informasi, meningkatkan kreativitas serta juga berinovasi untuk kemajuan dan kemandirian nagari," ungkapnya.

Disampaikannya bahwa ada tiga bidang yang menjadi fokus kegiatan melalui bursa inovasi desa tersebut. Diantaranya sebagai jendela inovasi ekonomi, infrastruktur, dan sumber daya manusia (SDM).

"Berdasarkan hal itu, maka masing-masing nagari diharapkan mampu untuk berkreasi. Tentunya  disesuaikan dengan potensi yang ada di nagari yang bersangkutan," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan kepada wali nagari dan jajarannya agar berhati-hati pula dalam mengelola dana desa dengan cara menggunakan angaran sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Ini saya sampaikan, sebab, penggunaan dana desa dikawal secara ketat, baik oleh KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan dari masyarakat sendiri. Dari itu, manfaatkanlah dana desa sesuai dengan peruntukannya," ingat Wendi. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube