Headline News

header-int

Pulau Cingkuak Objek Wisata Nan Indah Miliki Nilai Sejarah

Minggu, 16 Agustus 2020, 15:31:28 WIB - 229 | Kontributor : Riko Candra
Pulau Cingkuak Objek Wisata Nan Indah Miliki Nilai Sejarah

PESISIR SELATAN,- Pulau Cingkuak, meski sebelumnya nama ini tidak sepopuler Pulau Cubadak dan pulau wisata lainnya di Sumatera Barat. Namun, akhir-akhir ini pulau yang berada di Pesisir Selatan ini mulai dilirik wisatawan. Bahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan terus merestorasi sejumlah prasarana di objek wisata termasuk Pulau Cingkuak.

Keberadaan jembatan dan dermaga kecil menghubungkan hampir seluruh bagian Pantai Carocok, memudahkan pengunjung menikmati keindahan dari berbagai sisi termasuk pulau Batu Kereta. Dari pulau ini pengunjung dapat menyeberang menuju Pulau Cingkuak dengan tarif Rp. 20 ribu. Meski kapasitas perahu motor 30 orang, namun tak perlu menunggu lama karena kapal-kapal didermaga siap mengantar kapan saja.

Pulau dengan luas lebih kurang 4 hektar ini terlihat begitu terlihat dekat dari daratan Sumatera, sekali kayuh sampailah di pulau Cingkuak. Dengan rentang waktu tidak lama perahupun merapat ke dermaga apung yang ada di Pulau Cingkuak, Warna-warni tong penyangga dermaga berpadu manis dengan awan, laut dan pasir putih yang ada di pulau tersebut.

Di areal pulau juga terdapat makam tua dengan tulisan Perancis. Tulisan ini menyebutkan, nisan dibuat oleh keturunan Madame Van Kempen pada Agustus 1911. Madem Van Kempen diperkirakan meninggal sekitar 150 tahun sebelumnya. Ia adalah istri Thomas Van Kempen yang dituliskan sebagai Residen Poeloe Tjinko (Pulau Cingkuak).

Selain makam, di pulau ini juga terdapat benteng bersejarah. Pada pintunya tertulis Situs Benteng Portugis Pulau Cingkuak yang dipasang oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar.

Tak jauh dari sana ada mercusuar di sebelah Barat pulau. Inilah harta karun Kabupaten Pesisir Selatan. Dari sana terlihat jelas gugusan pulau-pulau kecil. Pulau Semangki, Pulau Aur, Pulau Babi dan Pulau Penyu terlihat kecil bagai gugusan jamrud di ranah biru.

Dari atas mercusuar terlihat Samudera Hindia begitu tenang menghanyutkan, ombaknya berduyun-duyun menghempaskan keras batu karang di pantai Barat pulau Cingkuak. Pemandangan indah dari puncak mercusuar merupakan bonus besar.

Masih dapat satu bonus lagi, yakni sunset. Hingga petang menjelang dengan duduk santai di pinggir pantai wisatawan bisa menyaksikan pengunjung bermain air.

Setelah puas bermain air, wisatawan juga bisa menikmati bentangan teluk dari atas Puncak Bukit Langkisau. Pulau-pulau kecil terlihat jelas termasuk Pulau Cingkuak. Tak seberapa lama pendar kuning emas memulas langit dan laut menghadirkan lukisan indah namun nyata menjelang senja.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube