Headline News

header-int

Ruang Publik Kota Painan Dalam Kolase Yang Indah

Selasa, 23 Februari 2021, 12:01:20 WIB - 17 | Kontributor : Wildan, S.E., M.I.Kom
Ruang Publik Kota Painan Dalam Kolase Yang Indah

Beberapa tulisan saya sebelumnya memang terkesan serius. Tapi dalam artikel ini penulis mencoba membuat tulisan yang merangkum keindahan Pesisir Selatan ke dalam beberapa kolase. Yang semoga bisa menjadi sebuah memori yang tertanam di dalam pikiran kita masing-masing dalam melihat Pesisir  Selatan sebagai sebuah perjalanan destinasi wisata. Kali ini saya bercerita tentang ruang publik Kota Painan.

Pesisir Selatan, menamai dirinya menjadi sebuah negeri dengan julukan “Negeri Sejuta Pesona”. Memang terkesan hiperbola namun terkadang kita boleh membanggakan diri bahwa negeri ini memang memiliki jutaan pesona, apakah itu pemandangan, kuliner, maupun masyarakatnya. Painan yang menjadi ibukota kabupaten ini terlihat semakin mempercantik dirinya.

Ruang publik dapat di artikan sebagai tempat atau ruang yang dapat diakses atau dimanfaatkan oleh warga atau masyarakat secara cuma-cuma tanpa mengambil keuntungan dan bisa digunakan masyarakat secara bersama-sama baik secara individu maupun berkelompok tanpa terkecuali. Kota Painan saat ini memiliki beberapa ruang publik yang representatif untuk masyarakatnya.

Memasuki kota ini kita akan disambut dengan tugu Babiola yang menjadi simbol pengakuan tentang kesenian lokal negeri ini berupa kesenian Rabab Pasisie. Tugu yang menggambarkan seniman lokal yang menjadi legenda masyakat Pesisir Selatan. Babiola menjadi sebuah kesenian lokal yang memiliki nilai filosofi tersendiri bagi masyarakatnya. Kesenian ini sudah diakui sebagai karya Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kita lanjutkan perjalanan, tidak jauh dari Tugu Babiola , kita akan menjumpai Tugu Pahlawan Nasional, H. Ilyas Ya’kub. H. Ilyas Ya’kub merupakan tokoh kebanggaan masyarakat  Pesisir Selatan yang tak kenal kompromi dengan imperialisme dan kolonialisme pada masa penjajahan Belanda. Menjadi  salah satu bukti bahwa Pesisir Selatan memiliki sejarah perjuangan bagi bangsa ini. Dibawah tugu ini dipercantik dengan tulisan “Selamat Datang di Painan” menjadi semacam ungkapan yang ramah kepada siapa saja yang datang ke kota ini.

Perjalanan kita lanjutkan, beberapa ratus meter ke arah Barat kita akan menjumpai tugu “I Love Painan”. Sebuah landmark kota yang sedang dikembangkan secara bertahap. Tempat ini akan menjadi semacam ruang publik bagi masyarakat Painan. Selain memiliki tanah lapang dan air mancur menari, di linkungan ini juga terdapat Mesjid Akbar Baiturrahman yang selalu ramai dikunjungi saat waktu shalat tiba.

Ketiga tempat ini akan semakin indah ketika kita mengunjunginya pada malam hari. Karena keindahan warna-warni lampu yang ada pada ketiga tugu tersebut. Para pengunjung atau wisatawan yang datang dari daerah lain sering mengambil lokasi ini sebagai tempat ber-selfie/ berswafoto. Kota ini semakin mempercantik dirinya.

Di sebelah Barat Daya Kota Painan sekitar 10 menit perjalanan kita akan menemukan ruang publik yang lain berupa pusat gelanggang olah raga (sport center) GOR Zaini Zein. Fasilitas yang ada di tempat ini berupa gedung olah raga, lapangan badminton, lapangan basket, lapangan tenis, dinding panjat tebing tempat parkir yang bisa dijadikan tempat joging. Kesemuanya ini dimanfaatkan masyarakat Pesisir Selatan khususnya Painan sebagai pusat kegiatan olahraga setiap  waktu.

Pantai Carocok merupakan fasilitas ruang publik kota Painan yang cukup terkenal saat ini. Tidak hanya berdekatan dengan Pulau Cingkuak, kawasan ini juga telah dilengkapi Masjid Terapung Samuder Illahi yang menjadi icon baru pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan. Aktivitas masyarakat Painan dan sekitarnya biasanya ramai pada sore menjelang malam hari. Tidak sekedar menikmati pemandangan matahari tenggelam tetapi juga beribadah di mesjid yang mulai terkenal ini.

Penataan ruang publik tidak saja sebagai sarana dan wahana rekreasi bagi masyarakat, namun secara tidak langsung akan memberikan kontribusi terhadap martabat “citra” daerah, masyarakat bahkan profil pemimpin daerah itu sendiri. Maka dari itu pengelolaan sarana tersebut harus dapat memberikan rasa nyaman, rasa aman, dan nilai edukasi, bahkan jika perlu, bisa mampu memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar termasuk dalam penguatan nilai-nilai budaya lokal. Untuk itu, peran serta masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya bisa menjadi bagian untuk mengawasi dan menjaganya.

Pengawasan dan pemeliharaan merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan dan keberadaan ruang publik tersebut, tidak hanya menjadi tanggung jawab lembaga pemerintah atau bentuk lainnya, tetapi juga bisa melibatkan kelompok masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam mengawal pengelolaan dan pembangunan daerah itu sendiri.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube