Headline News

header-int

Telan Anggaran Rp 10 Miliar, Pembangunan Gedung Perpustakaan Modern Akan Segera Dimulai

Jumat, 28 Februari 2020, 08:10:56 WIB - 51 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Telan Anggaran Rp 10 Miliar, Pembangunan Gedung Perpustakaan Modern Akan Segera Dimulai

Pesisir Selatan--Proses pelelangangan pembangunan gedung perpustakaan modern dengan anggaran sebesar Rp 10 miliar di Kabupaten Pesisir Selatan, sudah dalam tahap persiapan.

Ditargetkan pelaksanaan pembangunan gedung yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut sudah bisa dimulai pada April 2020 mendatang. Sebab gedung tersebut ditargetkan tuntas pada Desember 2020.

Ketegasan itu disampaikan Sekda Pesisir Selatan, Erizon Kamis sore (27/2) kepada pesisirselatan.go.id.

Dia mengakui dengan masih terbatas sarana dan prasarana penunjang pada gedung perpustakaan milik daerah sebagaimana saat ini, menjadi salah satu penyebab minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan tersebut masih rendah.

"Dengan tuntasnya pembangunan gedung perpustakaan modern itu nanti, maka diyakini minat masyarakat untuk datang dan berkunjung akan semakin meningkat ke perpustakaan daerah. Sebab gedung yang dibangun melalui DAK dengan anggaran Rp 10 Miliar itu, akan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana penunjang. Sekarang Unit Layanan Pengadaan (ULP), sudah melakukan proses pelelangannya," jelas Sekda.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pesisir Selatan, Mawardi Roska menjelaskan bahwa gedung tersebut akan dibangun di jalan Imam Bonjol Painan pada lahan seluas 2.508 M2.

"Infrastruktur bangunan adalah berlantai tiga, dengan fisik bangunan memvisualisasikan hakikat perpustakaan ke depan," ungkapnya.

Dijelaskan lagi bahwa pada lantai dasar terdapat pentas literasi, kantin literasi, ruang layanan anak/rumah pintar, ruang penitipan anak, dan musala.

Sedangkan pada lantai dua adalah ruang perpustakaan konvensional, ruang perpustakaan digital, ruang melukis dan mewarnai.

"Pada lantai tiganya, akan dibangun pula studio mini, ruang rapat/pelatihan, ruang pengolahan bahan pustaka, aksesoris tulisan Surat Al Alaq (ayat 1-5), miniatur gambar orang barabab (babiola), miniatur sapi pasisie, miniatur pitih kambang, dan miniatur itik bayang," jelasnya.

Ditambahkan lagi bahwa untuk melengkapi berbagai sarana dan prasarana penunjangnya pada perpustakaan konvesional, perpustakaan digital, studio, buku-buku dan lain sebagainya, pihaknya juga akan mengajukan anggaran ke Pemerintah sebesar Rp 3,5 miliar.

"Anggaran Rp 3,5 miliar ini, akan kita ajukan ke Bidang Pendidikan Sub Bidang Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kita berharap proposal yang sudah kita persiapkan saat ini bisa terkabul, agar penyediaan berbagai sarana dan prasarana tersebut bisa terkabul pada tahun 2021 mendatang," tutupnya berharap. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube