Headline News

header-int

Melihat Pesona Pantai Pinus Kapuh Tarusan Tawarkan Keindahan Menawan, Cock Untuk Berkemah 

Senin, 04 Des 2017, 15:48:37 WIB - 68
Melihat Pesona Pantai Pinus Kapuh Tarusan Tawarkan Keindahan Menawan, Cock Untuk Berkemah 

Potensi pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan tidak diragukan lagi karena aneka objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan yang  tidak kalah menarik dari daerah lain,  sekarang ini  Pessel juga akan mengembangan kawasan  pariwisata lainnya yang keindahannya tidak diragukan .

Objek Wisata Pesisir Selatan semakin mengeliat, banyak wisatawan berbondong bondong datang kedaerah ini hanya sekedar untuk melihat keindahan wisatawan yang ditawarkan dan memanjakan mata pengunjung.Dan kawasan pantai memang menjadi ikon daerah ini sebut saja Kawasan Pantai Cerocok , Kawasan Mandeh, Batu Kalang,Muaro Banting Pulau Karam yang sudah terkenal dimana mana.

Tapi jangan salah,selain kawasan pantai itu juga ada kawasan wisata pantai  yang ditawarkan yaitu Pantai Pinus atau pantai Sabai Nan Aluih yang terletak di Kenagarian Kapuh  Kecamatan Koto XI Tarusan. Sebuah kawasan pantai baru dengan suasana alamnya menawarkan kesejukan dan daerah itu terletak tidak jauh dari ibu kabupaten (Painan) dan berhadapan langsung dengan lautan Indonesia. 

Pantai Pinus (Pinus Beach) di Kenagarian Kapuh Kecamatan Koto Xi tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Kawasan ini terkenal dengan pantainya yang indah dan jarak dari kota Padang Sekitar ± 65 Km, dengan lama perjalanan 1,5 jam. Pantai Pinus Kapuh dikenal oleh masyarakat Tarusan dan di Pantai ini kita bisa melakukan olah raga, memancing dan bersantai dan berkemah.

Pantai  pinus memiliki hamparan pantai yang panjang sekitar 1 Km dan disepanjang pantai ini ditumbuhi cemara cemara laut yang menawarkan keindahan tersendiri. Bahkan tidfak jauh dari pulau ini ada beberapa pulau kecil . Suasana di Pantai ini akan terasa semakin menawan ketika senja hari. Matahari tengelam  terlihat indah didepan pantai ini .

Melihat potensi yang dimiliki oleh pantai ini, tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa keindahan pantai kawasan ini setara dengan pantai Bali atau Fort Diction di Seremban Malaysia.

Pengunjung yang ingin mendatangi kawasan ini,pengunjung cukup masuk di Simpang Balai Angkek hanya berjarak sekitar 10 meter dari pinggiran jalan raya Padang Painan  pengunjung telah sampai dipantai .Tidak akan tersesat karena pihak pemerintah nagari akan segera  memasang umbul umbul penujuk arah kekawasan ini.

Sesampaikan di lokasi pengunjung akan disambut dengan hamparan pantai yang putih  dimana di lokasi tersebut terdapat pohon bakau dan cemara.Suasana nyaman dengan embusan angin laut terpancar dari lokasi yang bersahaja itu.  

Walinagari Kapuh Ezman mengungkapkan Kenagarian Kapuh merupakan salah satu nagari yang berada di Kawasan Mandeh. Dan pengembangkan kawasan ini kaanmenjadi prioritas kenagarian dalam hal meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan untuk mendukung kawasan ini menjadi kawasan wisata pihak kenagarian telah membangun jembatan sebagai penghubung pinggiran pantai dengan pemukiman warga.

Sementara itu Pengiat Pariwisata Sumbar Zulhizul mengungkapkan kawasan pantai Kapuh ini sudah sangat bagus cuma tinggal pengemasannya saja sehingga menjadi sebuah kawasan wisata yang menarik. "Perlu adanya invasi invasi sehingga kawasan pantai pinus kapuh ini berbeda dengan kawasa lainnya. Mungkin salah satunya adalah membuah rumah rumah pohon yang menghadap kelaut atau lainnya. Dan ini akan menimbulkan daya tarik bagi wisatawan nantinya," ujarnya 

Selain itu peran serta semua pihak penting, sehingga masyarakat juga merasa memiliki kawasan ini dan mereka akan ikut memelihara sebab masyarakat telah merasakan manfaat dari perkembangan kawasan pini setelahbekermbanya pariwisata, akhirnya (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2017 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube