Headline News

header-int

DLH Pessel Imbau Seluruh Perangkat Daerah dan Masyarakat Lakukan Goro Bersama Jumat Besok

Kamis, 03 Oktober 2019, 09:50:17 WIB - 76 | Kontributor : Yoni Syafrizal
DLH Pessel Imbau Seluruh Perangkat Daerah dan Masyarakat Lakukan Goro Bersama Jumat Besok

Pesisir Selatan--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) serukan kepada semua perangkat daerah (PD) dan masyarakat di daerah itu, agar melakukan goro serentak Jumat (4/10) besok, pada lingkungan masing-masing.

Upaya itu dilakukan untuk memaksimalkan persiapan dalam menghadapi penilaian tahap dua piala Adipura tahun 2019, yang akan dilakukan oleh tim penilai.

Hal itu disampaikan Kepala DLH Pessel, Jumsu Trisno melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Darpius Indra Kamis (3/10).

Disampaikanya bahwa berdasarkan jadwal yang diterima dari tim penilai Adipura, penilian tahap dua ke lapangan itu akan dilakukan pada minggu pertama atau munggu ke dua bulan Oktober.

"Karena minggu pertama bulan Oktober belum datang,  sehingga dipastikan tim tersebut akan turun pada minggu ke dua nanti," ungkapnya.

Dijelasanya bahwa tim penilai itu akan berada di Pessel selama empat hari untuk melihat atau melakukan embuktian secara langsung terhadap dokumen atau data yang sudah diberikan.

"Data atau dokumen yang sebelumnya sudah kita sajikan itu, akan dilakukan verifikasi atau kebenaranya oleh tim penilai ke lapangan. Bila tidak sesuai, maka tim verikasi akan mencoret sehingga bisa mendapatkan nilai nol. Bardasarkan hal itu, maka butuh dukungan dari semua elemen," harapnya.

Dia menambahkan bahwa penilaian Adipura tahun 2019 ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

"Saya katakan demikian, sebab penilaian tidak lagi dilakukan di dalam kota, tapi sudah mencakup hingga ke kecamatan sesuai dengan titik pantau yang disajikan ke dalam dokumen yang diajukan," ungkapnya.

Selain itu, nama pialanya juga berbeda dari sebelumnya, yakni piala Adipura tahun 2025.

Terkait upaya yang sudah dilakukan oleh ASN pada Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Pessel, dia menyampaikan apresiasinya.

"Terkait kegiatan Goro yang dilakukan ASN dari Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Pessel pada beberapa pasar yang akan dijadikan sebagai titik pantau, saya meyampaikan apresiasi dan terimakasih. Saya harap apa yang sudah dilakukan itu, juga ditiru oleh perangkat daerah lainya di Pessel. Minimal pada lingkungan masing-masing," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube