Headline News

header-int

Miliki Inovasi, Bupati Hendrajoni Raih AMPL Award

Senin, 02 Desember 2019, 16:47:53 WIB - 269 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Miliki Inovasi, Bupati Hendrajoni Raih AMPL Award

Pesisir Selatan--Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni, meraih penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award, pada acara Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) Senin (2/12).

Penghargaan itu diserahkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas RI, Suharso Manuarfa, di Baldroom Hotel Kempinski Indonesia, dengan dihadiri Wakil Presiden (Wapres), Makruf Amin.  

Sebelumnya suami anggota DPR RI, Lisda Rawda itu juga telah mendapatkan dua penghargaan, yakni pada Jumat (29/11) dan Sabtu (30/12).

Dua penghargaan itu diantaranya, Dwija Praja Nugraha (DPN) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim, dan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Gubernur Sumbar, sebagai kepala daerah terbaik dalam membina ketahanan pangan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pessel, Era Sukma Munaf ketika dihubungi Senin (2/12) menjelaskan bahwa AMPL Award itu diberikan kepada pemerintah daerah dinilai sukses melakukan inovasi di bidang pembangunan air minum dan sanitasi.

"Dalam hal ini, Kabupaten Pessel di nilai sukses, sehingga masuk sebagai salah satu kabupaten dari lima kabupaten/kota yang memperoleh  AMPL Award di Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan bahwa Pessel diberikan AMPL Award, karena dinilai tim juri telah melakukan inovasi, terutama dalam pembangunan air minum dan sanitasi, melalui pemanfaatan dana desa.

Disampaikanya bahwa tema KSAN tahun 2019 adalah "Menuju Layanan Sanitasi dan Air Minum yang Aman Inovatif dan berkelanjutan untuk semua".

"Melalui upaya itu, sehingga masyarakat Pessel dapat menikmati air minum dan sanitasi yang layak," ungkapnya.

Bupati Pessel, Hendrajoni usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada semua elemen yang ada di daerah itu.

"Ucapam terima kasih ini juga saya sampaikan kepada semua masyarakat Pessel. Sebab berkat dukungan semua, Pessel sukses meraih tiga penghargaan secara berturut-turut selama empat hari terakhir ini," katanya.

Hal itu disampaikanya, sebab selain penghargaan AMPL Award dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI itu, dua penghargaan juga didapatkan pada Jumat (29/11) dan Sabtu (30/12).

"Dua penghargaan lainya itu diantaranya, penghargaan Dwija Praja Nugraha (DPN) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim, dan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Gubernur Sumbar, sebagai kepala daerah terbaik dalam membina ketahanan pangan. Semua ini saya persersambahkan kepada Pessel," tutupnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube