Headline News

header-int

Pemkab Pessel Akan Terus Membuka Beluang Bagi Pemilik Modal Untuk Berinvestasi

Rabu, 06 November 2019, 09:14:54 WIB - 22 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Pemkab Pessel Akan Terus Membuka Beluang Bagi Pemilik Modal Untuk Berinvestasi

Pesisir Selatan--Investasi akan memberikan dorongan bagi daerah secara cepat dalam mendongrak pergerakan ekonomi. Investasi tersebut juga akan memberikan dampak yang cepat pula dalam meningatkan ekonomi secara nasional.

Beranjak dari hal itu, sehingga pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), membuka peluang dengan sebesar-besarnya kepada pemilik modal untuk berinvestasi di daerah itu.

Demikian disampaikan Sekda Pessel, Erizon Rabu (6/11), terkait dengan semakin gencarnya daerah itu membuka peluang bagi pemilik modal untuk berinvestasi, terutama di sektor pariwisata.

"Kehadiran pemilik modal dalam berinvestasi, dapat mendorong peningkatan ekonomi daerah. Bahkan lebih dari itu, yakni bisa mendongkrak pergerakan ekonomi secara nasional. Berdasarkan hal itu, sehingga Pessel yang memiliki potensi besar di sektor pariwisata, membuka peluang sebesar-besarnya kepada pemilik modal yang berminat," katanya.

Dia menyampaikan bahwa langkah itu perlu dilakukan, sebab melalui investasi akan tercipta lapangan kerja, berkembangnya ekonomi masyarakat, yang pada giliranya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

"Perlu kita ketahui bahwa Presiden Joko Widodo sangat fokus dan intens dengan kegiatan investasi penanaman modal, terutama yang dapat menyerap banyak tenaga kerja," jelasnya.

Walau demikian, pemilik modal tetap harus bertanggung pada lingkungan sosial sebagai mana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Koordinasi Sosial Penanaman Modal (BKPM) RI No.17 tahun 2015 tentang pedoman tata cara pengendalian pelaksanaan modal.   

Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pessel, Suardi ketika dihubungi menjelaskan bahwa salah satu kewajiban penanam modal sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala BKPM No.17 tahun 2015 adalah penanam modal wajib membuat dan menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) kepada pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Dia menjelaskan LKPM merupakan instrumen pengendalian bagi pemerintah untuk mengetahui sejauh mana kepatuhan penanam modal melaksanakan tanggung jawab dan kewajibanya dalam melaksanakan kegiatan usahanya.

"Karena sektor pariwisata merupakan potensi unggulan yang dinilai mampu menggerakan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga Pessel membuka peluang yang sebesar-besarnya kepada pemilik modal yang berminat," ungkapnya.

Ditambahkan lagi bahwa peluang tersebut tidak saja diberikan kepada memiliki modal dalam negeri, tapi juga bagi pemilik modal asing.

"Walau demikian tetap harus melalui mekanisme dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Tujuanya agar tidak menimbulkan persoalan hukum dikemudian hari," ingatnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube