Headline News

header-int

Pessel Dipastikan Mendapat Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wistara

Rabu, 13 November 2019, 09:41:23 WIB - 349 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Pessel Dipastikan Mendapat Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wistara

Pesisir Selatan--Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tahun 2019 ini mendapatkan penghargaan kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wistara. Penghargaan lebih tinggi setingkat dari kategori Suwasti Saba Wiwerda sebagaimana pernah juga diraih pada tahun 2017 lalu itu, akan diserahkan Selasa (19/11) di Kantor Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan kepada Penulis, Rabu (13/11) bahwa penghargaan ini merupakan yang kedua kali, namun untuk tahun 2019 ini, penghargaan yang diterima lebih tinggi dari sebelumnya, yakni akan Suwasti Saba Wistara.

"Penggargaan penilaian kabupaten sehat ini, akan diterima pada Selasa (19/11) mendatang di kantor Kemendagri, sebagaimana pemberitahuan yang disampaikan melalui radiogram nomor 080/12558/SJ tanggal 8 November 2019," ungkapnya.

Dikatakan lagi bahwa terdapat 6 tatanan penilaian dan 220 indikator yang dilakukan oleh tim penilai pusat kabupaten sehat di Passel.

Enam tatanan penilaian itu diantaranya, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan sarana lalulintas tertib, kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, serta kehidupan sosial yang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa mengatakan bahwa
kabupaten sehat merupakan penghargaan untuk Kota/Kabupaten Sehat (terbagi dalam tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

Kabupaten/kota sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat, dalam mengatasi masalah–masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial.  

Di tingkat kabupaten, dimotori oleh Forum Kabupaten Sehat yang mensinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa atau nagari oleh Forum Desa Sehat.

Sementara pada tahun 2015, 2017 Menteri Kesehatan memberikan penganugerahan kabupaten sehat untuk Pessel, berupa piala Swastisaba tingkat Padapa dan Wiwerda.

Sebuah penghargaan di bidang kesehatan yang lumayan prestisius dan merupakan apresiasi pemerintah pusat terhadap keberhasilan pembangunan yang mendukung tercapainya kesejahteraan rakyat.

"Tim Depkes memverikasi kelayakan Pessel mendapatkan penghargaan melalui serangkaian kunjungan lapangan, tanya jawab ke masyarakat, dan mendengarkan presentasi Forum Kabupaten sehat serta penelitian dokumen yang berkaitan dengan kebijakan," ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa penilaian kabupaten sehat lebih berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Forum Kerja Nagari Sehat serta dukungan sektor terkait.

Karena masalah kesehatan penyebabnya sangat multi kompleks, dan mempunyai skor yang tinggi jika diselesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat.

"Kita berharap, seluruh elemen masyarakat mendukung kegiatan Pemerintah. Karena Kabupaten Sehat, bukan sekedar piala, akan tetapi lebih mengutamakan berjalannya proses, dan bersinerginya antara pemerintah dan masyarakat," timpalnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube