Headline News

header-int

Pessel Tingkatkan Produktivitas Petani Melalui Bantuan Alsintan

Senin, 13 Januari 2020, 09:04:50 WIB - 35 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Pessel Tingkatkan Produktivitas Petani Melalui Bantuan Alsintan

Pesisir Selatan--Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun), terus meningkatkan produktivitas masyarakat petaninya.

Upaya itu tidak saja dilakukan melalui perluasan tanam, tapi juga melalui program mekanisasi seperti bantuan alat mesin pertanian (alsintan).

Hal itu disampaikan Kepala Distanhortbun Pessel, Nuzirwan, Senin (13/1).

Dijelaskan bahwa untuk menunjang harapan itu, sehingga pihaknya sepanjang tahun 2019 telah menyalurkan 259 unit alsintan di daerah itu.  

"Saya akan terus berupaya meningkatkan produktivitas petani di daerah ini sebagaimana arahan Bupati, Hendrajoni. Upaya ini tidak saja dilakukan melalui perluasan tanam, tapi juga melalui bantuan alsintan. Bahkan selama tahun 2019, kita sudah menyalurkan alsintan sebanyak 259 unit," katanya.

Disampaikanya bahwa bantuan tersebut bukan saja berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten, tapi juga melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).  

"Total anggaran yang disediakan untuk penyediaan Alsintan itu mencapai Rp8 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten dan APBN," jelasnya.
 
Ditambahkan lagi bahwa di tahun 2020 ini, pihaknya tetap akan menyalurkan berbagai bantuan kepada petani, baik yang dialokasikan melalui dana pusat maupun daerah.

"Bagi petani yang ingin mendapatkan berbagai bantuan itu, harus bisa memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukannya. Tentunya melalui wadah baik melalui kelompok, atau gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan lainya," jelas Nuzirwan.

Menurutnya, banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan alsintan, mulai dari mempersingkat waktu bertani, penghematan biaya hingga peningkatan hasil produksi.

"Saat ini berbagai negara maju di dunia telah beralih ke alsintan untuk mengolah lahan pertanianya. Itu dilakukan karena banyak manfaat yang dirasakan. Makanya petani Pessel juga didorong beralih ke alsintan," sebutnya.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Distanhortbun Pessel, Alpriyendri ketika dihubungi menjelaskan bahwa tahun 2018 lalu, pihaknya juga sudah menyalurkan alsintan sebanyak 405 unit kepada petani.

"Alsintan sebanyak 405 unit itu terdiri dari, 106 unit traktor roda dua, 11 unit traktor roda empat, 61 unit pompa air, 9 unit mesin penanam padi, 12 unit mesin pengolahan tanah, 116 alat semprot, 4 unit mesin panen, dan 86 unit mesin penanam jagung. Jika di rupiahkan, nilainya mencapai Rp10 miliar pula," timpalnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube