Headline News

header-int

Semua Nagari Programkan Bantuan 50 Unit Jamban Per Tahun di Kecamatan Batangkapas

Kamis, 17 Oktober 2019, 12:36:28 WIB - 26 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Semua Nagari Programkan Bantuan 50 Unit Jamban Per Tahun di Kecamatan Batangkapas

Pesisir Selatan--Untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, semua nagari di Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), programkan bantuan jamban masyarakat  sebanyak 50 unit per tahun.

Hal itu disampaikan Camat Batangkapas, Wendra Rovikto kepada penulis pesisirselatan.go.id Kamis (17/10).

"Agar tidak lagi ditemui warga melakukan Buang Air Besar (BAB) sembarangan, maka semua nagari di kecamatan ini memprogramkan bantuan jamban bagi masyarakat miskin atau kurang mampu," katanya.

Dijelaskanya bahwa bantuan jamban atau WC bagi masyarakat miskin itu, dialokasikan sebanyak 50 unit per tahun pada masing-masing nagari, termasuk juga di tahun 2019 ini.

"Alokasi anggaran untuk bantuan pembangunan jamban masyarakat sebanyak 50 unit per tahun itu, bersumbar dari dana desa (DD)," jelasnya.

Ditambahkanya bahwa melalui bantuan jamban terhadap keluarga miskin itu, maka Kecamatan Batangkapas termasuk salah satu kecamatan di Pessel yang memberikan dukungan penuh terhadap program Germas.

"Dalam mensukseskan berbagai program kesehatan tersebut, kita juga melakukan kerjasama dengan semua puskesmas yang ada di kecamatan ini," jelasnya.

Terkait upaya yang dilakukan oleh semua nagari dalam memenuhi kebutuhan jamban bagi semua masyarakat itu, mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa sebagai mana disampaikan sekretaris, Yuni Andra kepada penulis pesisirselatan.go.id Kamis (17/10).

Disampaikanya bahwa gerakan masyarakat hidup sehat dengan cara tidak BAB sembarangan, merupakan salah satu yang ingin dicapai oleh Pessel dalam meningkatkan kuliatas kesehatan masyarakatnya.

"Kegiatan Germas di Pessel sekarang sudah menjadi bagian dari kebudayaan dan kebiasaan masyarakat. Saya katakan demikian, sebab pelaksanaan Germas tidak lagi dilakukan di tingkat kecamatan, tapi sampai ke tingkat nagari-nagari. Makanya kami sangat mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan oleh semua nagari di Kecamatan Batangkapas ini," katanya.

Dia juga berharap apa yang sudah dilakukan oleh semua nagari di Kecamatan Batangkapas itu, juga ditiru oleh nagari lainya di Pessel. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube