Headline News

header-int

Sunset Satu Fenomena Alam Yang Unik dan Menarik Untuk Dilihat dan Dinikmati

Sabtu, 16 Januari 2021, 11:16:52 WIB - 18875 | Kontributor : Wempi Hardi, S.H
Sunset Satu Fenomena Alam Yang Unik dan Menarik Untuk Dilihat dan Dinikmati

Matahari terbenam merupakan satu di antara waktu yang kerap ditunggu banyak orang. Ketika matahari akan turun ke peraduan, merupakan momen tepat untuk merenung dan mengagumi keindahan alam. Pemandangannya yang indah juga kerap menjadikan matahari terbenam sebagai satu di antara momen yang paling ditunggu.

Keadaan saat matahari terbenam kerap kali memberikan ketenangan bagi mereka yang letih setelah seharian bekerja untuk mengobati lelah mental dan fisik yang mereka alami. Ada banyak tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam, seperti pantai, pegunungan, dan perbukitan. Tak hanya keindahannya yang dapat kita nikmati, momen saat matahari terbenam juga dapat memberikan pelajaran mengenai kehidupan.

Banyak fenomena alam yang sering terjadi di sekitar kita. Salah satu contoh fenomena alam yang bisa ditemui di seluruh dunia, bahkan terjadi setiap hari yaitu sunset. Sunset sangat disukai semua orang karena keindahan warna orange nya yang setiap sore mewarnai langit. 

Sehingga dilangit tercipta warna dan corak yang menjadi begitu indah bila dipandangi. Tapi apasih sunset itu? Sunset merupakan salah satu fenomena atau proses tenggelam nya matahari.

Matahari terbenam adalah waktu dimana matahari menghilang dibawah garis cakrawala di sebelah barat. Indonesia dilewati garis khatulistiwa sehingga Indonesia mempunyai momen yang bagus untuk melihat matahari terbenam atau yang lebih sering disebut sunset. Matahari terbenam disebabkan karena adanya perputaran bumi pada porosnya atau pada umunya disebut rotasi bumi. 

Langit tampak berwarna merah sebelum gelap. Saat terbit dan terbenam matahari berada di posisi rendah, sinar matahari yang akan datang ke Bumi harus melewati atmosfer lebih banyak. 

Saat mengenai atmosfer, sinar matahari akan mengalami sebaran, sebaran ini sangat memengaruhi spektrum warna biru yang ada di dalam sinar matahari. Akhirnya, sinar matahari sampai ke Bumi hanya yang berspektrum merah dan kuning. Dua spektrum Itulah yang akan terlihat orange di mata kita. Maka dari itu sunset masuk kedalam salah satu fenomena alam yang unik dan menarik untuk dilihat dan dinikmati. 

Momen saat matahari terbenam adalah saat yang tepat untuk bersantai di tepi pantai. Karena fenomena sunset di tepi pantai sangatlah jelas dan sangatlah indah. Apalagi jika menikmati sunset di tepi pantai bersama keluarga dan orang orang yang kita cintai. Wah sudah pasti sangatlah indah bukan?

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube