Headline News

header-int

Tahun 2020 Semua Sekolah Didorong Berkompetisi Menuju Adiwiyata

Senin, 02 Desember 2019, 10:45:52 WIB - 342 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Tahun 2020 Semua Sekolah Didorong Berkompetisi Menuju Adiwiyata

Pesisir Selatan--Memasuki tahun 2020, semua sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), didorong untuk bisa berkompetisi menuju sekolah Adiwiyata.

Langkah itu selain untuk berkompetisi pada menilaian sekolah Adiwiyata, juga untuk menciptakan suasana sekolah yang aman, nyaman dan bersahabat dengan alam.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pessel, Jumsu Trisno Senin (2/12)

"Memasuki tahun 2020, kita akan tetap fokus melakukan pembinaan terhadap semua sekolah di daerah ini agar bisa menuju Sekolah Adiwiyata, baik penilaian Adiwiyata tingkat mandiri, nasional maupun di tingkat provinsi," katanya.

Agar bisa tercapai maksimal, maka pihaknya juga mengharapkan pembinaan dari sekolah-sekolah yang telah meraih prestasi.

Sebab bagi sekolah yang telah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, dapat dan mesti melakukan upaya pembinaan dasar kepada sekolah lainnya.

"Pembinaan yang dapat dilakukan diantaranya, pengelolaan Bank Sampah, green house, komposter dan pemilahan sampah. Sedangkan sekolah Adiwiyata tingkat nasional, memiliki tanggungjawab pula melakukan inovasi di semua lini. Dan sekolah Adiwiyata tingkat mandiri, memiliki tanggungjawab pula melakukan pembinaan terhadap lima sekolah lainya," terang Jumsu.

Ditambahkan lagi bahwa tahun 2020 nanti, pihaknya selain menargetkan pencapaian penghargaan Sekolah Adiwiyata baik tingkat mandiri, nasional maupun provinsi, juga penghargaan Adipura, Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) dan Gerakan Sumbar Bersih.

"Selain dukungan dari seluruh perangkat daerah, stakeholder dan elemen masyarakat, untuk mencapai prestasi itu DLH juga perlu melakukan langkah-langkah strategis, serta sosialisasi dan pendekatan kepada semua pihak.

Kegiatan lainnya yang tetap menjadi prioritas adalah pelayanan terhadap izin-izin bidang lingkungan. Baik yang diajukan oleh pihak pemerintah sendiri, maupun dari pihak swasta.

Demikian juga dalam hal menindaklanjuti pengaduan masyarakat terhadap kerusakan lingkungan, mengamati perubahan iklim, melakukan pengujian air sungai, udara dan limbah demi terciptanya lingkungan yang aman, nyaman dan berkualitas. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube