Headline News

header-int

Dua Alat Berat Dikerahkan Bersihkan Material Longsor di Bayang

Senin, 17 Februari 2020, 02:05:12 WIB - 178 | Kontributor : Okis Mardiansyah
Dua Alat Berat Dikerahkan Bersihkan Material Longsor di Bayang

Pesisir Selatan - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, menurunkan dua alat berat ke lokasi yang terdampak longsor di Kecamatan Bayang, Sabtu (15/2).

"Dua alat berat ini jenis eksavator dan laoder kami kerahkan untuk membersihkan material longsor yang menimpa rumah warga dan sejumlah titik lainnya. Alhamdulillah kami bersama BPBD, kecamatan dan masyarakat telah berhasil membersihkan material longsor di Lereng Bukit Gunung Cerek," ujar Kabid Bina Marga Digdian Budiman pada wartawan di Painan.

Sementara itu, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Zulfian Aprianto bersama Camat Bayang, Ilham Saputra,  menyerahkan bantuan sembako kepada korban terdampak tanah longsor.

Sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan, sejak Jumat (14/2), mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik, bahkan longsor yang terjadi dikabarkan turut menimbun rumah warga di Kecamatan Bayang.

Informasi yang dihimpun Haluan, akibat hujan lebat tersebut sedikitnya 5 rumah warga terkena dampak longsor, yakni Asril (65) warga Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, Siti Afrida (51), Bukit Putuih, Kenagarian Talaok, Hendri Eka Putra (48) warga Kampung Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, dan Datuk Medan (56) warga Kampung Putih, Kenagarian Gurun Panjang Selatan.

Anwar selaku pemilik rumah yang tertimpa longsor menyebutkan, akibat kejadian itu dua kamar rumahnya pada bagian belakang dan dua unit sepeda motorya turut tertimbun longsor.

"Longsornya terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Pak. Saat itu hujan lebat disertai petir. Satu motor Smash dan Trabas dan dua kamar bagian belakang rumah saya tertimbun tanah," kata Anwar dengan mata berkaca-kaca di didampingi anaknya, Andi. (15)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube