Headline News

header-int

Kabar Gembira, Pemkab Pessel Anggarkan 12 Miliar Untuk Tenaga Kontrak dan THL

Senin, 17 Februari 2020, 02:15:54 WIB - 221 | Kontributor : Okis Mardiansyah
Kabar Gembira, Pemkab Pessel Anggarkan 12 Miliar Untuk Tenaga Kontrak dan THL

Pesisir Selatan - Guna memenuhi kekurangan tenaga pendidik di Kabupaten Pesisir Selatan, pemerintah setempat bakal mengangkat sebanyak 1193 orang guru kontrak dan 52 orang Tenaga Harian Lepas (THL).

Surat Keputusan (SK) pengangkatan guru kontrak tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Hendrajoni, di gedung Painan Convention Centre (PCC), Sabtu (15/2).

"Guna membayar honor guru kontrak dan THL kami mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 milyar tahun ini," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel Suhendri, pada wartawan.

Menurutnya, baik guru kontrak maupun THL yang nantinya bakal ditempatkan di TK, SD, dan SMPN hal itu adalah untuk menutupi kekurangan guru di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

"Ya, kebijakan ini sudah dilakukan selama empat tahun berturut turut, sejak 2016 lalu," ujarnya lagi.

Sementara itu, Bupati Hendrajoni berjanji tahun depan bakal meningkatkan honor guru kontrak yang ada di daerah setempat.

"Secara bertahap bakal kami tingkatkan pendapatan guru honor di Pessel," katanya.

Ia menyebutkan, untuk kenaikan honor guru di daerah itu, pihaknya meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, agar menghitung jumlah kenaikan dalam hal yang sangat wajar.

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni juga memaparkan sejumlah program unggulan pada bidang pendidikan.

Menurutnya, selama ini telah terjadi perubahan yang sangat signifikan di daerah itu, diantaranya pemberian bea siswa transisi bagi siswa SD dan SMPN sebesar Rp 1,5 milyar untuk 2.840 pelajar, dan bea siswa melalui BAZNas yang sudah diterima oleh 2.600 siswa dengan total anggaran Rp 2,3 milyar, serta bea siswa Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp 9,8 milyar dengan total penerima 28.339 siswa.

Selain itu, program unggulan lainnya di bidang pendidikan adalah peningkatan kompetensi guru dan pengangkatan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Baik pengangkatan guru kontrak maupun guru PPPK bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Pessel," tuturnya mengakhiri. (15)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube