Headline News

header-int

Sebagai Bentuk Kepedulian Akibat Kabut Asap, SMK N 1 Sutera Turun ke Jalan Bagikan 2000 Masker

Rabu, 18 Sep 2019, 18:36:09 WIB - 24 | Kontributor : Rio Irawan
Sebagai Bentuk Kepedulian Akibat Kabut Asap, SMK N 1 Sutera Turun ke Jalan Bagikan 2000 Masker

PESISIR SELATAN-Puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan aksi membagi-bagikan masker gratis kepada masyarakat dan pengendara roda dua maupun roda empat yang melintasi tepatnya di Jalan Lintas Sumatera Painan-Bengkulu KM 36 Taratak Sutera.

Pasalnya, pembagian masker gratis ini adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat akibat kondisi udara di wilayah Sumatera Barat semakin hari semakin memburuk, akibat dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Riau baru-baru ini. Akibatnya jarak pandang di pagi hari hanya mencapai 3-4 kilometer akibat kabut asap.

"Kegiatan pembagian masker yang kita lakukan di pagi hari ini, sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan akibat pencemaran udara yang di akibatkan oleh Karhutla yang terjadi di wilayah Riau dan Jambi," kata salah seorang guru pendamping dan juga sekaligus PMI Pessel, Rahma Rabu (18/9/2019).

Ia mengatakan, sejumlah siswa yang terlibat dalam pembagian masker tersebut adalah siswa yang tergabung dalam organisasi Palang Merah Remaja (PMR) milik sekolah itu sendiri.

"Inisiatif ini kita lakukan karna kabut asap kiriman dari provinsi tetangga yang semakin hari semakin parah dan  merambah ke daerah kita. Untuk jumlah masker yang kita bagikan sekitar 2000 masker," ujarnya 

Selain kepada masyarakat dan pengendara, masker bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) ini, juga dibagikan kepada ratusan siswa yang ada di SMK N 1 Sutera tersebut.

"Kegiatan ini kita adakan sebelum jam belajar mulai pukul 6.30 WIB sampai 7.45 WIB. Jadi kegiatan ini kita lakukan tidak waktu proses belajar mengajar dimulai, dan tidak mengganggu aktivitas belajar seiswa," ucapnya

Sementara itu, Kepala SMK N 1 Sutera, Lili Syuriati mengatakan, dirinya selaku kepala sekolah juga menyarankan kepada  seluruh siswanya untuk menggunakan masker yang telah dibagikan. Sebab, kondisi udara akibat kabut asap kiriman dari provinsi tetangga kurang baik dan dapat berdampak pada kesehatan.

"Kita menyarankan seluruh siswa untuk menggunakan masker di pagi hari dan untuk kegiatan diluar rungan," tuturnya

Ia selaku kepala sekolah sangat mendukung dan merespon baik kegiatan kemanusian yang dilakukan oleh sejumlah siswanya yang tergabung dalam kelompok PMR itu. 

"Jadi, kegiatan positif kemanusiaan ini, kita harapkan bisa membentuk karakter anak tentang kepedulian sesama, dimulai sejak dini, dan berawal dari tingkat kesadarannya sendiri," ucapnya

Meski belum di anggarkan dari pihak sekolah, lanjutnya, melihat respon bagus oleh masyarakat sekitar dan juga seluruh siswa. Kedepan pihaknya bakal mengupayakan mendukung dan bekerjasama dengan PMI dan PMR untuk kegiatan kemanusian ini.

"Pokoknya untuk pembagian masker yang dilakukan oleh siswa yang tergabung dari PMR yang di bentuk oleh PMI Pessel, kegiatan itu sangat direspon oleh pelajar masyarakat dan juga pengendara yang lewat pagi tadi, dan kita juga berharap, kondisi udara di tempat kita segera membaik dan kembali seperti biasanya," tutupnya (RIO)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube