Headline News

header-int

SMKN 1 Painan Gelar Fokasi Berkarya Kembangkan Bakat Siswa

Rabu, 12 Februari 2020, 16:14:20 WIB - 16 | Kontributor : Marlison
SMKN 1 Painan Gelar Fokasi Berkarya Kembangkan Bakat Siswa

Pesisir Selatan-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Painan menggelar event Sekolah Fokasi Berkarya, sekaligus pameran 7 kompetensi keahlian yang ada di sekolah tersebut,  penampilan bakat serta minat anak bidang seni. Selain itu, SMKN 1 Painan juga melakukan penandatanganan kerjasama  MoU dengah Hotel Hannah Painan, BPJS Ketenagakerjaan launching tata boga, teaching factory tata boga dan teknik komputer dan jaringan. Acara itu dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM, M.Yani, Selasa (11/2) di halaman sekolah setempat.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Sumbar diwakili Sekretaris, Drs. Syafrizal, MT, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Suhendri, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Zulfian Aprianto, unsur Bank BRI, Bank BNI, Bank Nagari dan undangan lainnya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM, M.Yamin mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh SMKN 1 Painan tersebut. Dimana, inovasi itu berupa event Sekolah Fokasi Berkarya, sekaligus pameran 7 kompetensi keahlian yang ada di sekolah tersebut,  penampilan bakat serta minat anak bidang seni.

Kemudian SMKN 1 Painan juga melakukan inovasi lainnya dalam bentuk penandatanganan kerjasama  MoU dengah Hotel Hannah Painan, BPJS Ketenagakerjaan, launching tata boga, teaching factory tata boga dan teknik komputer dan jaringan.

Diharapkan inovasi tersebut berkelanjutan atau menjadi agenda rutin oleh SMKN 1 Painan, karena kegiatan ini memberikan dampak yang besar bagi pengembangan bakat dan minat siswa, peningkatan kualitas pendidikan dan lulusan bisa bersaing di dunia kerja.

Selain itu, SMKN 1 Painan sebagai SMKN tertua di Pessel hendaknya terus berbenah dan meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah ini hendaknya juga menjadi contoh bagi sekolah lainnya.

Sementara Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk mengimplementasi pembelajaran fokasi bagi siswa SMKN 1 Painan. Kedepan, kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin tahunan di SMKN 1 Painan.

Lebih lanjut disebutkan, selain itu SMKN 1 Painan juga terus berupaya membangkitkan jiwa entrepreneur siswa untuk menangkap peluang-peluang ekonomi.

Menurutnya, seorang entrepreneur memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif serta imajinatif ketika ada sebuah peluang usaha dan bisnis baru.

Akan tetapi disamping itu,  seorang entrepreneur harus dapat memberdayakan dirinya untuk kebaikan sekitarnya, bukan orang yang memanfaatkan sekitarnya untuk kepentingan dirinya.

Kelebihan menjadi seorang entrepreneur antara lain, memiliki kesempatan untuk mewujudkan cita-cita, memiliki kesempatan untuk menciptakan perubahan, untuk mencapai potensi penuh, untuk menuai keuntungan yang mengesankan, memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan pengakuan untuk usaha, dapat melakukan apa yang disukai dan dapat memanfaatkan hasilnya untuk kabaikan.

Menurutnya, SMKN 1 Painan sebagai SMKN tertua di Pessel kini juga terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik dari sisi sarana dan prasarana maupun kualitas tenaga guru.

Kemudian meningkatkan disiplin guru dan siswa, memaksimalkan proses belajar mengajar dan lainnya. Saat ini, SMKN 1 Painan memiliki sebanyak 1089 orang siswa dengan 57 guru PNS. (03)

    

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube