Headline News

header-int

Terpilih Secara Aklamasi, H Aprial Abas Pimpin Dekopinda Pessel Periode 2020-2025

Senin, 17 Februari 2020, 15:14:56 WIB - 144 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Terpilih Secara Aklamasi, H Aprial Abas Pimpin Dekopinda Pessel Periode 2020-2025

Pesisir Selatan--Peserta Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sepakat secara aklamasi menunjuk H Aprial Abas sebagai ketua Dekopinda Pessel periode 2020-2025.

Musda Dekopinda tersebut diselanggarakan di lantai II Gedung Painan Conventian Centre (PCC) Senin (17/2), dengan dihadiri Sekda Pessel, Erizon, Ketua Dekopimwil Sembar, Hendra Rahim, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagan dan Perindustrian Pessel, Azral, Asisten II, Mimi Rianty Zainul dan para kepala perangkat daerah (PD) lainya.

Sekda Pessel saat menghadiri Musda tersebut dalam sambutanya mengatakan bahwa keterpilihan H Aprial Abas, sebagai ketua Dekopinda Pessel, dinilai akan memberi warna baru terhadap dunia perkoperasiaan di daerah itu.

Sebab ketua terpilih yang akrap dipanggil Buya Piyai itu, selain menjabat sebagai wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pessel, juga merupakan seorang pengusaha sukses.

"Saya berharap dengan terpilihnya H Aprial Abas sebagai ketua Dekopinda Pessel periode 2020-2025 secara aklamasi sebagai mana saat ini, akan memberi warna baru terhadap kemajuan koperasi di Pessel. Sebab selain sebagai wakil ketua DPRD, beliau juga merupakan seorang pengusaha yang sukses yang memiliki kepedulian terhadap kemajuan perekonomian daerah," katanya.

Dia menyampaikan bahwa di era sekarang ini, tantangan koperasi saat cukup berat.

"Karena berat, sehingga koperasi membutuhkan orang-orang yang memiliki jiwa kewirausahaan. Karena bila pengurus koperasi tidak memiliki jiwa kewirausahaan, maka koperasi akan sulit untuk berkembang. Namun juga tetap memiliki azas kekeluargaan," ungkapnya.

Disampaikanya bahwa azas kekeluargaan yang dimaksud bukanlah untuk mengambil apa yang bisa didapatkan dalam sebuah koperasi, namun bagaimana memiliki nilai tambah terhadap kemajuan koperasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada H Aprial Abas, dan mengajak untuk saling bersama-sama membangun perekonomian Pessel ke depan.

Ketua Panitia Musda Dekopinda Pessel, Yasdi dengan didampingi Kepala Bidang Koperasi, Sumiati menjelaskan bahwa Musda Dekopinda tersebut diikuti oleh 130 pengurus koperasi aktif di Pessel.

"Musda Dekopinda yang diikuti oleh 130 peserta yang berasal dari pengurus koperasi aktif ini, merupakan salah satu upaya Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pessel dalam meningkatkan peran koperasi di daerah ini," katanya.

Hal itu disampaikanya, sebab melalui wadah Dekopinda itu, berbagai persoalan yang dihadapi oleh koperasi, bisa dilakukan pemecahan secara bersama-sama.  

Sebagai panitia Musda, dia juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustian Pessel.

"Sebab berkat dukungan dinas tersebut, Pessel kembali memiliki kepengurusan Dekopinda, setelah hampir 10 tahun tidak aktif. Semua ini juga tidak lepas dari peran dan dukungan yang diberikan oleh Kabid Koperasi, Sumiati," jelasnya lagi. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube